Share

7 Kesalahan saat Berlari, Nomor 1 Penting Diperhatikan

Zseztar Juvendhitama, Jurnalis · Kamis 29 September 2022 15:30 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 43 2677486 7-kesalahan-saat-berlari-nomor-1-penting-diperhatikan-q9bGMZvlKf.jpg 7 kesalahan saat berlari. (Foto: Instagram/@alicasmd)

7 kesalahan saat berlari akan diulas Okezone. Pasalnya, berlari jadi salah satu olahraga sederhana namun banyak memiliki manfaat,

Ya, berlari dapat menjadi cara yang terbaik untuk selalu aktif serta memberi manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, jangan sampai salah dalam berlari.

BACA JUGA: 5 Tips Mengatasi Rasa Bosan saat Berlari, Nomor 1 Bisa Tingkatkan Semangat

Pasalnya, berlari juga dapat menjadi masalah apabila kamu melakukan kesalahan tanpa kamu sadari. Tujuan awal yang diinginkan pun bisa menjadi rusak.

Lalu, apa saja kesalahan yang kerap terjadi saat berlari? Apabila ingin mengetahuinya lebih lanjut, simak ulasan di bawah ini, tentang kesalahan apa saja yang sering kamu lakukan pada saat berlari.

7. Menentukan Target yang Tak Realistis

7 Kesalahan saat Berlari

Salah satu kesalahan yang sering terjadi saat berlari adalah menentukan target yang tak realistis. Mungkin, Anda memang senang bisa bergerak dan berolahraga saat berlaru, namun tak boleh sampai membuat Anda memasang target yang terlalu tinggi.

6. Pemanasan yang Salah

7 Kesalahan saat Berlari

Para pelari percaya harus melakukan pemanasan sebelum berlari. Pemanasan yang bisa dilakukan adalah memanjangkan kaki untuk meregangkan bagian paha belakang atau meregangkan bagian betis.

Pemanasan yang benar adalah bergeraklah dengan diikuti gerakan dinamis yang dapat melatih otot-otot untuk. Hal ini penting diperhatikan, karena jika salah melakukan pemanasan, Anda bisa mendapat masalah dalam berlari.

5. Berlari Secara Berlebihan

7 Kesalahan saat Berlari

Apabila mengawali lari dengan sprint atau lari cepat, Anda akan cepat terasa lelah. Agar membantu menghindari hal tersebut, berlarilah secara perlahan pada awal latihan. Ini juga bisa membuat efek jangka panjang yang baik untuk kesehatan.

4. Tubuh Dehidrasi

7 Kesalahan saat Berlari

Banyak pelari yang menderita dehidrasi karena mengabaikan besaran air yang dibutuhkan tubuh saat pelatihan. Cara mengetahui besaran air yang diperlukan tubuh bisa dilakukan dengan berbagai cara.

Anda bisa mengujinya lewat warna urin. Apabila warnaya kuning muda, bisa dipastikan Anda cukup terhidrasi.

3. Mendarat Terlalu Keras

7 Kesalahan saat Berlari

Kesalahan lain yang terjadi kala berlari adalah mendarat terlalu keras. Hal ini bisa mengakibatkan cedera. Untuk menangkalnya, penting memerhatikan bagaimana cara posisi kaki saat mendarat.

Apabila semakin ringan beban, semakin rendah risiko untuk cedera. Dengan menghindari pendaratan yang keras, pelari disarankan melakukan pendaratan lebih dekat kepada tengah kaki. Sebab, beban dapat terasa lebih ringan dibanding mendarat di tumit.

2. Melangkah yang Terlalu Panjang

7 Kesalahan saat Berlari

Saat berlari, Anda barangkali merasa berenergi saat melintasi trek. Tetapi, apabila langkah kita terlalu panjang, itu dapat benar-benar melukai performa kita.

1. Memakai Sepatu yang Bukan Fungsinya

7 Kesalahan saat Berlari

Memakai sepatu lari yang salah juga bisa merusak kegiatan latihan kita. Tentu saja, sangat tak nyaman berlari memakai sepatu hak tinggi atau sepatu boots. Sepatu lari tak mesti keren atau mahal, tetapi harus nyaman ketika dipakai lari.

Anda wajib mencobanya pada saat membeli. Jangan membeli ukuran yang terlalu kecil atau terlalu besar, sebab dapat berisiko menyebabkan lecet. Jadi, faktor ini sangat penting untuk diperhatikan.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini