Share

F1 GP Singapura 2022: Max Verstappen Beberkan Penyebab Sirkuit Marina Bay Kerap Jadi Balapan yang Menatang

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Kamis 29 September 2022 13:57 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 29 37 2677382 f1-gp-singapura-2022-max-verstappen-beberkan-penyebab-sirkuit-marina-bay-kerap-jadi-balapan-yang-menatang-yO4spPjKHC.JPG Pembalap Tim Red Bull Racing, Max Verstappen. (Foto: Reuters)

SINGAPURA – Pembalap Tim Red Bull Racing, Max Verstappen, mengaku antusias menyambut balapan di Formula One (F1) GP Singapura 2022. Bagi Verstappen, balapan di Sirkuit Marina Bay, Singapura selalu menantang, hal itu dikarenakan kondisi trek dan cuaca yang membuat para pembalap harus berhati-hati.

Ya, untuk pertama kalinya sejak 2019, para pembalap F1 akan kembali mentas di Singapura pada akhir pekan ini, Minggu 2 Oktober 2022. Sebab pada dua musim sebelumnya, balapan di Sirkuit Marina Bay terpaksa absen karena terhalang pandemi Covid-19.

Para pembalap jet darat itu sangat antusias menyambut balapan malam hari di Negeri Singa, tak terkecuali Verstappen. Sebab, Marina Bay merupakan salah satu sirkuit jalanan yang legendaris yang menyajikan pemandangan laut yang indah dan juga punya atmosfir penonton yang fantastis.

Max Verstappen

“Kami belum ke Singapura lagi dalam beberapa waktu terakhir sehingga akan menarik untuk melihat bagaimana trek telah berkembang. Ini jelas merupakan salah satu balapan terbaik tahun ini dan ini adalah tempat yang indah,” kata Verstappen dilansir dari Grandprix247, Kamis (29/9/2022).

Kendati demikian, juara bertahan F1 itu pun menyebut bahwa Sirkuit Marina Bay punya karakteristik sirkuit yang menantang. Pasalnya, trek jalanan sepanjang 5,067 km itu hanya punya sedikit ruang untuk menyalip sehingga punya risiko menyebabkan kecelakaan yang cukup besar.

“Secara umum, ini adalah sirkuit yang menantang, kelembapannya terasa kuat di bodi mobil dan sangat sulit untuk melakukan lap yang sempurna karena tikungan yang sempit dan dinding pembatas yang sangat dekat,” ujar pembalap berusia 24 tahun itu.

“Sangat penting untuk memiliki putaran kualifikasi yang baik di sini sehingga kami akan fokus pada itu. Lalu, selama balapan kami hanya harus siap untuk situasi apa pun karena biasanya ada banyak safety car yang keluar,” imbuhnya.

Max Verstappen

Pembalap kelahiran Belgia itu sendiri punya peluang untuk mengunci gelar juaranya di Singapura. Namun, dia harus keluar sebagai pemenang dan Charles Leclerc yang berada di posisi kedua klasemen, finis kedelapan atau lebih rendah dari itu.

Sebab, saat ini Verstappen sudah unggul 116 poin dari pembalap Ferrari itu. Alhasil, dengan enam balapan tersisa, gelar juara F1 2022 bisa diamankannya lebih awal sebelum musim berakhir.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini