Share

6 Gerakan Pemanasan Sebelum Berlari

Salma Sita Rosulina, Jurnalis · Senin 26 September 2022 12:52 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 26 43 2675041 6-gerakan-pemanasan-sebelum-berlari-a5YXpPcT2V.jpg Berikut 6 gerakan pemanasan sebelum berlari. (Foto: Instagram/@alicasmd)

6 gerakan pemanasan sebelum berlari menarik dikulik. Sebab, lari menjadi salah satu dari sekian banyak olahraga yang sangat digemari.

Lari memang merupakan olahraga yang paling sederhana. Sebab, setiap individu tidak memerlukan alat ataupun biaya yang mahal untuk melakukannya.

6 Gerakan Pemanasan Sebelum Berlari

Namun, walaupun olahraga yang sangat sederhana, lari memiliki manfaat yang sangat baik. Salah satunya adalah melatih otot jantung, membantu menguatkan otot juga tulang, dan lain sebagainya.

BACA JUGA: Cara Menggunakan Treadmill bagi Pemula

Tapi, tahukah Anda, lari juga tidak boleh dilakukan sembarangan. Lari juga memerlukan pemanasan agar pada saat melakukan lari, Anda dapat terhindar dari cedera serta risiko lainnya.

BACA JUGA: Ternyata Ini Alasan Kenapa Bapak-Bapak Perutnya Buncit

Lalu, apa saja gerakan pemanasan sebelum berlari? Berikut jenis-jenis yang dapat dilakukan.

6. Inchworm

6 Gerakan Pemanasan Sebelum Berlari

Salah satu gerakan pemanasan sebelum berlari adalah inchworm. Cara melakukan gerakan ini adalah dengan mengawalinya dengan posisi berdiri, lalu bungkukan badan ke depan sampai sebatas pinggang supaya dapat menyentuh jari kaki.

Kemudian, gerakan dilanjut dengan jalan menuju papan tinggi. Tahan pergerakan sampai dua detik, lalu lakukan jalan tersebut dengan kaki ketemu tangan. Idealnya, inchworm lakukan selama satu menit.

5. Jalan Cepat

6 Gerakan Pemanasan Sebelum Berlari

Pemanasan yang paling mudah juga sebelum melakukan olahraga lari adalah dengan melakukan jalan cepat atau biasa disebut jogging. Gerakan ini merupakan gerakan yang paling ringan karena mencontoh gerakan yang akan dilakukan nantinya, namun dengan versi yang lambat.

Tujuannya jalan cepat agar tubuh seperti otot dan lainnya dapat menyesuaikan terlebih dahulu. Dengan begitu, anggota tubuh tidak merasa kaget kala digunakan berlari.

4. Hip Opener

6 Gerakan Pemanasan Sebelum Berlari

Gerakan ini diawali dengan berdiri, kemudian menekuk lutut bagian kanan dan diangkat sampai dengan setara pinggul. Kemudian, gerakannya dilanjut dengan memutar lutut sampai dengan 90 derajat.

Kemudian, putar kembali lutut ke posisi semula, lalu turunkan. Lalu, lakukan secara bergantian dengan kaki yang lain, dan ulangi secara berulang.

3. Arm Circles

6 Gerakan Pemanasan Sebelum Berlari

Gerakan ini diawali dengan berdiri dan buka kaki selebar bahu. Kemudian, lengan diangkat setara dengan tinggi bahu dengan telapak tangan yang menghadap ke bawah.

Lalu, lakukan gerakan tangan secara melingkar kecil. Lakukan gerakan ini kurang lebih 30 detik. Lalu lanjutkan dengan arah yang berlawanan.

2. High Knees

6 Gerakan Pemanasan Sebelum Berlari

Gerakan yang bisa dilakukan sebagai pemanasan sebelum berlari juga ada yang namanya high knees. Gerakan ini juga merupakan pemanasan yang sederhana, yaitu pemanasan yang dilakukan dengan melakukan lari di tempat dengan lutut diangkat sampai dengan membentuk sudut 90 derajat.

1. Frankenstein Walk

6 Gerakan Pemanasan Sebelum Berlari

Pemanasan ini diawali dengan berdiri, kemudian langkahkan kaki kanan ke depan, sambil tangan kiri mengikuti untuk dapat menyentuh jari kaki kanan. Kemudian melangkah maju, dan ulangi gerakan pada sisi yang selanjutnya. Lakukan gerakan selama 30 detik.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini