Share

Cara Menggunakan Treadmill bagi Pemula

Aryo Hadi Wibowo, Jurnalis · Minggu 25 September 2022 00:03 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 24 43 2674189 cara-menggunakan-treadmill-bagi-pemula-YagZhUiFAY.jpg Cara Menggunakan Treadmill bagi Pemula. (Foto: Instagram/cristiano)

CARA menggunakan treadmill bagi pemula akan dibahas Okezone di artikel ini. Treadmill merupakan alat yang membantu kita untuk berjalan, jogging, berlari, bahkan berjalan menanjak tanpa berpindah tempat. Treadmill ini terinspirasi dari cara kerja alat penggilingan pada saat belum ditemukannya mesin.

Untuk belajar treadmill, maka harus menerapkan sebagian besar prinsip latihan yang digunakan pelari saat bersiap-siap menghadapi kejuaraan atau lomba. Treadmill ini bermanfaat meningkatkan stamina, menghindari cedera, mengatasi pusing, gangguan akibat tekanan darah, atau dehidrasi, menurunkan berat badan, bahkan mengetahui detak jantung, dan jumlah kalori yang terbakar.

Cara gunakan treadmill bagi pemula akan dibahas secara tuntas di artikel Okezone. Simak artikel berikut ini.

Berikut Cara Menggunakan Treadmill bagi Pemula:

1. Lakukan pemanasan

Sebelum melakukan olahraga menggunakan treadmill alangkah baiknya kamu melakukan pemanasan terlebih dahulu, sama seperti pemanasan pada umumnya gunanya untuk melonggarkan otot sendi, lakukan sekiranya 10 menit.

Ilustrasi olahraga menggunakan treadmill

2. Pahami tombol-tombol treadmill

Sebelum kamu melakukan olahraga menggunakan treadmill ada baiknya kamu pahami kegunaan tombol-tombol treadmill dengan membaca aturan pakai alat tersebut. Pada umumnya treadmill ini memiliki sistem tombol yang memiliki berbagai fungsi.

3. Perhatikan setting pada treadmill

Sesudah kamu pahami fungsi tombol-tombol pada treadmill, selanjutnya kamu perhatikan dan pahami setting pada treadmill. Pastikan kamu memperlihatkan setting kecepatan dan incline pada kondisi tepat. Kedua tombol utama tersebut akan kamu gunakan ketika menggunakan treadmill.

4. Naik keatas Treadmill

Naik keatas treadmill, posisikan badanmu untuk naik ke treadmill. Peganglah pegangan, lalu tekan tombol start untuk memulai. Ketika karpet telah berjalan, segera gerakan kakimu sesuai kecepatan.

5. Bergerak dengan tepat

Sangat berbahaya jika kamu terjatuh saat olahraga dengan alat treadmill, kamu perlu posisi bergerak dengan tepat, tegakkan badanmu, lebarkan bahu, pandangan ke depan.

6. Melakukan pemanasan ringan kembali

Setelah sudah bergerak dengan tepat, maka kamu lakukan pemanasan ringan dengan melakukan jogging, sebelum naik ke tahap yang lebih cepat.

7. Sedia air mineral

Kebanyakan alat olahraga treadmill menyediakan fasilitas tempat penyimpanan botol air minum, kamu dapat sediakan air mineral saat treadmill guna menjaga cairan tubuh mu agar tidak dehidrasi

8. Lakukan dengan rutin

Lakukan kegiatan berlari di treadmill dengan konsisten dalam waktu yang sangat lama, sehingga kamu dapat merasakan manfaat olahraga menggunakan alat treadmill ini, lakukan sebanyak 30 menit – 90 menit setiap hari.

Cristiano Ronaldo latihan menggunakan treadmill

9. Lakukan peregangan

Setelah selesai berolahraga menggunakan treadmill, lakukanlah pendinginan atau peregangan, sehingga menghindari rasa sakit setelah berolahraga.

10. Konsultasi ke dokter

Ada baiknya kamu konsultasi ke dokter untuk memastikan apakah badan kamu memiliki gangguan atau tidak sebelum kamu gunakan treadmill. Pastikan kondisi jantung kamu juga baik, dan sendi-sendi normal dan tak ada masalah.

Sekarang kamu sudah tahu cara menggunakan treadmill? Ayo jangan baca saja, segeralah lakukan olahraga menggunakan treadmill dan rasakan manfaatnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini