Share

5 Fakta MotoGP Aragon 2022, Nomor 1 Marc Marquez Celakai Fabio Quartararo

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Senin 19 September 2022 05:13 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 19 38 2670106 5-fakta-motogp-aragon-2022-nomor-1-marc-marquez-celakai-fabio-quartararo-PTVrdjhSpt.JPG 5 Fakta MotoGP Aragon 2022. (Foto: Reuters)

5 fakta MotoGP Aragon 2022 akan dibahas di artikel ini. Ya, balapan seri Aragon telah berakhir pada Minggu 18 September 2022 malam WIB dan pembalap tim Gresini Racing, Enea Bastianini sukses menjadi pemenangnya.

Berbagai hal menarik pun terjadi di sepanjang balapan di Sirkuit Aragon tersebut. Penasaran dengan fakta menarik dari balapan seri ke-15 MotoGP 2022?

Berikut 5 Fakta MotoGP Aragon 2022:

5. Ducati Sabet Gelar Juara Dunia Konstruktor MotoGP 2022

Enea Bastianini

Kemenangan yang diraih Bastianini di MotoGP Aragon 2022 membuat Ducati berhak membawa pulang 25 poin untuk ditambahkan ke klasemen konstruktor 2022. Hingga Aragon berakhir, Ducati tercatat sudah mengoleksi 346 poin.

Lalu di posisi kedua ada Aprilia dengan membukukan 217 poin. Dengan MotoGP 2022 tersisa lima balapan lagi yang berarti poin maksimal yang bisa didapat Aprilia sebanyak 125 poin, maka jelas tidak mungkin perolehan 346 poin Ducati dikejar.

4. Bastianini Menang Usai Start dari Posisi Ketiga

Penghuni podium MotoGP Aragon 2022

Bastianini merebut kemenangan ketiganya di MotoGP 2022 saat mentas di Sirkuit Aragon. Ia mampu menang setelah bersaing ketat dengan pembalap pabrikan Ducati, yakni Francesco Bagnaia.

Kemenangan itu pun terbilang luar biasa. Sebab Bastianini mampu menang ketika memulai balapan dari posisi ketiga.

Follow Berita Okezone di Google News

3. Bagnaia Memimpin Balapan Cukup Lama

Francesco Bagnaia

Bagnaia sejatinya tampil luar biasa di MotoGP Aragon 2022. Memulai race dari pole position, Bagnaia bisa dikatakan selalu memimpin balapan tersebut.

Kendati demikian, Bagnaia justru gagal mempertahankan posisinya di lap terakhir. Bastianini yang sudah membuntutinya dengan cepat menyalip Bagnaia.

2. Comeback Marc Marquez Gagal Total

Marc Marquez

Marquez mengalami insiden di lap-lap awal MotoGP Aragon 2022. Ia mengamali benturan dengan dua pembalap yakni Fabio Quartararo dan Takaaki Nakagami.

Akibat senggolan tersebut, motor yang ditunggangi Marquez mengalami masalah hingga mengeluarkan asap. Alhasil, Marquez kembali ke garasi ketika balapan baru memasuki lap kedua.

Tentunya hasil itu amat disayangkan mengingat seri Aragon adalah balapan comeback Marquez di MotoGP. Sebelumnya Marquez absen sejak MotoGP Italia 2022 untuk memulihkan diri dari cedera.

1. Marquez Jadi Biang Keladi Insiden Kecelakaan Fabio Quartararo dan Takaaki Nakagami

Insiden Marc Marquez dengan Takaaki Nakagami di MotoGP Aragon 2022

Marquez menjadi biang keladi dari kecelakaannya Fabio Quartararo dan Takaaki Nakagami di MotoGP Aragon 2022. Quartararo menjadi korban pertama, lalu tak lama Nakagami yang kecelakaan.

Marquez sendiri mengakui telah berbuat salah. Ia menyebut motornya mengalami masalah sehingga sulit untuk dikontrol dan insiden dengan Quartararo serta Nakagami pada akhirnya tak terhindarkan.

Terlepas dari itu semua, Marquez pun ingin meminta maaf kepada Quartararo dan Nakagami.

“Saya kehilangan kendali ban belakang di tikungan ketiga, dan bersentuhan dengan Fabio (Quartararo). Kemudian saya mengaktifkan alat holeshot, motornya terkunci dan bergerak ke kiri,” kata Marquez pada rilis resmi Honda.

“Sungguh tidak beruntung. Saya ingin meminta maaf kepada Taka dan juga Fabio,” imbuh Marquez.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini