Share

PBSI Beri Deadline ke Ganda Campuran Indonesia, Rionny Mainaky: Tahun Depan Target Minimal Semifinal

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Jum'at 16 September 2022 14:49 WIB
https: img.okezone.com content 2022 09 16 40 2668934 pbsi-beri-deadline-ke-ganda-campuran-indonesia-rionny-mainaky-tahun-depan-target-minimal-semifinal-1nDxdM8IJ9.jpg Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari kini jadi andalan di pelatnas PBSI. (Foto: Humas PBSI)

JAKARTA – Kepala Bidang Binpres PP PBSI, Rionny Mainaky, mengomentari soal kondisi pemain ganda campuran Indonesia yang kini melempem. Dia pun memberikan tenggat waktu kepada para pemain di sektor tersebut perihal masa transisi, yakni mencapai minimal babak semifinal pada tahun depan.

Bisa dibilang, sektor ganda campuran Indonesia saat ini minim prestasi. Padahal diketahui, dulu sektor ganda campuran menjadi andalan untuk bisa mendulang prestasi.

Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari

Tapi sayangnya, sejak duet Tontowi Ahmad/Lilyana Natsir pensiun, prestasi sektor tersebut mulai menurun. Sebenarnya, ada pasangan yang masih menempati 5 besar saat ini, yakni Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti. Namun, mereka sudah tak lagi di pelatnas dan kini harus absen dalam sejumlah turnamen karena Praveen cedera.

Selebihnya, pemain yang masuk di pelatnas, seperti Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari yang saat ini merupakan pasangan andalan, mereka sudah lama sekali tak merengkuh titel juara. Pasangan ranking 18 dunia ini terakhir kali menjadi kampiun di Spain Masters 2021.

BACA JUGA: 5 Pelatih Bulu Tangkis Indonesia yang Melatih di Jepang, Nomor 1 Berpengaruh di Olimpiade Tokyo 2020

Sementara itu, untuk pasangan yang lain, seperti Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati dan Adnan Maulana/Mychelle Chrystine Bandaso, mereka belum bisa berbicara banyak. Untuk masalah peringkat pun, dua pasangan ini juga masih berada di luar peringkat 30 dunia.

Situasi tersebut jelas mendapat sorotan sekaligus PR berat dari PBSI. Pelatih ganda campuran Indonesia, Nova Widianto, sempat mengatakan kalau saat ini memang ganda campuran sedang dalam masa transisi.

BACA JUGA: PBSI Konfirmasi Febby Valencia Dwijayanti Gani Mundur dari Pelatnas

Namun, yang menjadi pertanyaan adalah sampai kapan masa transisi ini berakhir. Rionny ingin ganda campuran Indonesia segera melewati masa tersebut pada tahun ini.

Sebab, Rionny memasang target berat yang harus dicapai ganda campuran pada tahun depan. Hal itu diungkapkan Rionny saat ditemui di Pelatnas PBSI Cipayung pada Rabu 14 September 2022.

Follow Berita Okezone di Google News

“Saya harap mereka tahun ini (masa transisinya). Biar mereka tahun depan ada gambaran,” papar Rionny.

“Saya harapkan mereka seperti itu, sudah masuk transisi, tahun depan sudah bisa ke semifinal ke atas targetnya," sambungnya.

Rehan Naufal Kusharjanto/Lisa Ayu Kusumawati

Di sisi lain, Rionny paham betul bahwa persaingan di sektor ganda campuran memang berat. Mengingat, masih banyaknya pasangan yang masih sampai bermain sekarang dari era Tontowi/Liliyana.

“Karena justru yang berat memang ganda campuran karena saingannya Tontowi/Liliyana yang dulu bagus-bagus, mereka masih bercokol (sampai sekarang). Itu PR berat buat Nova," pungkas Rionny.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini