Share

5 Mantan Petarung yang Jadi Pemimpin Negara, Ada Orang Nomor 1 Rusia

Rina Anggraeni, Jurnalis · Kamis 18 Agustus 2022 18:34 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 18 43 2650219 5-mantan-petarung-yang-jadi-pemimpin-negara-ada-orang-nomor-1-rusia-dZN9dVehPG.JPG 5 Mantan Petarung yang Jadi Pemimpin Negara. (Foto: Reuters)

5 mantan petarung yang jadi pemimpin negara, akan dibahas Okezone. Kebanyakan pemimpin negara mendapatkan sorotan setelah terjun ke dunia politik. Alhasil, banyak yang kurang tahu masa lalu mereka.

Ternyata, ada beberapa pemimpin negara yang pernah menekuni bela diri sewaktu muda. Berikut lima mantan petarung yang jadi pemimpin negara:

5. Zoran Milanovic – Presiden Kroasia

5 Mantan Petarung yang Jadi Pemimpin Negara

(Presiden Zoran Milanovic saat berpidato, foto: Reuters)

Daftar ini akan dimulai dengan Zoran Milanovic yang merupakan politikus Kroasia. Dia pernah menjabat sebagai Perdana Menteri Kroasia periode 2011-2016 dan merupakan Presiden Kroasia saat ini. Milanovic adalah pemimpin Partai Sosial Demokrat Kroasia (SDP). Milanovic diketahui lahir di Zagreb pada 1966 silam dan ia merupakan mantan mahasiswa hukum terkemuka.

Sebelum terjum ke dunia politik, Milanovic ternyata pernah menjadi petinju amatir. Profesi itu dilakoninya saat berumur 20 tahunan.

4. Khaltmaagiin Battulga – Presiden Mongolia

5 Mantan Petarung yang Jadi Pemimpin Negara

(Khaltmaagiin Battulga saat jadi presiden, foto: RT)

Khaltmaagiin Battulga adalah mantan Presiden Mongolia yang menjabat pada 2017 hingga 2021. Sebelum menjadi politikus, Battulga ternyata adalaah pegulat sambo profesional. Battulga tercatat menjadi anggota Timnas Gulat Mongolia pada 1979-1990. Ia juga pernah menjadi yang terbaik di kejuaraan dunia di Ulaanbaatar, Mongolia, pada 1989 silam.

3. Idi Amin – Presiden Uganda

5 Mantan Petarung yang Jadi Pemimpin Negara

(Idi Amin semasa hidupnya, foto: Reuters)

Idi Amin seorang perwira militer di Uganda yang menjabat sebagai presiden pada 25 Januari 1971 hingga 13 April 1979 Silam. Idi Amin mendapatkan julukan sebagai "Penjagal Uganda" karena dianggap sebagai salah satu pemimpin paling kejam dalam sejarah dunia. Dia telah meninggal dunia 16 Agustuds 2003 silam. Sebelum menjadi pimpinan sebuah negara, Idi Amin adalah petinju kelas berat di Uganda.

2. Pierre Trudeau - Perdana Menteri Kanada

Pierre Trudeau dua kali menjadi Perdana Menteri Kanada, yakni pada 20 April 1968 hingga 4 Juni 1979 dan dari 3 Maret 1980 hingga 30 Juni 1984. Fakta unik dari Pierre Trudeau adalah dia memegang sabuk hitam judo tingkat dua.

1. Vladimir Putin - Presiden Rusia

5 Mantan Petarung yang Jadi Pemimpin Negara

(Vladimir Putin saat berpidato, foto: Reuters)

Vladimir Putin termasuk salah satu pemimpin negara yang paling disegani saat ini. Presiden Rusia itu merupakan mantan agen rahasia Badan Intelijen Soviet, Komitet Gosudarstvennoy Bezopasnosti (KGB). Dia pun dikenal sebagai pemegang sabuk hitam tiga bela diri sekaligus, yakni karate, judo, dan taekwondo.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini