Share

Indonesia Juara Umum Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2022, Pelatih Beberkan Kunci Sukses

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Rabu 03 Agustus 2022 20:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 03 43 2641574 indonesia-juara-umum-kejuaraan-dunia-pencak-silat-2022-pelatih-beberkan-kunci-sukses-nOdH4R8KEr.jpg Tim pencak silat Indonesia juara umum di Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2022. (Foto: Quadiliba Al-Farabi/MNC Portal Indonesia)

JAKARTA – Pelatih Pencak Silat Indonesia, Abas Akbar, membeberkan kunci sukses timnya meraih juara umum The 19th World Pencak Silat Championship 2022 atau Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2022. Menurutnya, semua ini bisa diraih karena para atlet Indonesia tampil dengan full fight.

Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2022 digelar di Melaka, Malaysia, pada 25-31 Juli 2022. Indonesia berhasil meraih 11 medali emas, 9 medali perak, dan 8 perunggu.

Tim pencak silat Indonesia

Abas Akbar awalnya menceritakan persiapan Tim Indonesia yang tak sebentar. Dari sana, dia memberikan porsi latihan terbaik untuk menghadapi ajang ini.

BACA JUGA: Dapat Tekanan Luar Biasa di Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2022, Atifa Fismawati Beberkan Penyebab Dirinya Tetap Bisa Raih Medali Emas

“Alhamdulillaah, kita dipersiapkan oleh PB IPSI anak-anak pencak silat Indonesia ini dipersiapkan 1,5 bulan dan tentunya dengan seleksi dan persiapan dari fase-fase itu kita buatkan program terbaik,” ucap Abas Akbar kepada MNC Portal Indonesia di Padepokan Pencak Silat, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Rabu (3/8/2022).

BACA JUGA: Raih Medali Emas Kejuaraan Dunia Pencak Silat 2022, Safira Dwi Meilani Rasakan Dampak Positif Ini

Dalam pertandingan itu, seluruh anak asuhnya memiliki motivasi yang kuat untuk memenangkan laga demi laga. Menurut Abas Akbar, hal itu yang membedakan mereka dengan para pemain negara lain yang juga mengincar juara di ajang ini.

“Kesan anak-anak atlet Indonesia (mereka) memang full fight, memang pantang menyerah. Kita ajarkan jadi atlet yang pantang menyerah dan harus tangguh karena di sini harus persiapan mentalnya harus tinggi,” ucap Abas Akbar.

“Itu karena negara-negara lain juga persiapkan diri ya karena ini namanya World Champion atau juara dunia, yang mana sangat diimpikan oleh semua pesilat di dunia,” lanjutnya.

Dari total 11 peraih medali emas terdiri dari pesilat berpengalaman pada kelasnya, ada juga yang pertama kali menjajaki kelas baru, bahkan ada yang sebagai debutan di ajang ini. Mereka dengan bangga mengibarkan bendera Merah Putih di ajang dua tahunan ini.

Tim pencak silat Indonesia

Satu nama beken peraih medali emas adalah Khoirudin Mustakim. Pesilat kelahiran 2001 asal Klaten ini juara di kelas A 45-50 kg putra. Bukan hanya itu, dia juga menyandang predikat pesilat terbaik putra di ajang ini.

Ada juga pesilat dari kelas B kategori berat 50-55 kg, Putri Safira Dwi Meilani. Dia menjadi pendatang baru, namun bisa menampilkan permainan yang paling bagus di kelasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini