Share

5 Persiapan Lari Ultra Maraton, Nomor 1 Faktor Penting

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 02 Agustus 2022 22:27 WIB
https: img.okezone.com content 2022 08 02 43 2640938 5-persiapan-lari-ultra-maraton-nomor-1-faktor-penting-Os1Nn9pFMK.jpg Berikut 5 persiapan lari ultra maraton. (Foto: Instagram/@timindonesiaofficial)

5 persiapan lari ultra maraton menarik dikulik. Sebab, persiapan mesti dilakukan secara matang agar setiap individu yang ambil bagian di lari ultra maraton bisa tampil optimal.

Lari ultra maraton sendiri biasa disebut ultra distance atau ultra running. Jarak tempuh lari ultra maraton bisa mencapai lebih dari 150 kilometer (km).

BACA JUGA: 5 Calon Top Skor Liga Inggris 2022-2023, Nomor 1 Rekrutan Anyar Liverpool

Mengingat jaraknya yang jauh, persiapan matang tentunya perlu dilakukan untuk melakukan lari ultra maraton. Apa saja? Berikut 5 persiapan lari ultra maraton.

BACA JUGA: 5 Pesepak Bola Tua yang Dibeli dengan Harga Mahal, Nomor 1 Capai Rp1,9 Triliun

5. Pola Makan

Lari

Salah satu persiapan penting yang perlu diperhatikan sebelum lari ultra maraton adalah mengatur pola makan. Sebab, sebelum berlari dengan jarak tempuh, pola makan perlu dijaga agar badan tetap prima.

Menambah asupan vitamin pun diperlukan. Sebab, hal itu bisa membantu menjaga kondisi badan agar tetap bugar.

4. Rutin Berlatih

Lari

Persiapan lainnya juga tak kalah penting. Setiap individu yang ingin melakukan lari ultra maraton wajib rutin berlatih.

Pasalnya, dengan terus berlatih, kondisi fisik bisa semakin terbiasa menempuh jarak yang jauh. Dengan begitu, kala lari ultra maraton sudah dilakukan, Anda bisa menunjukkan penampilan optimal. Biasanya untuk pemula, mereka bisa melakukan latihan laru 2-3 kali seminggu.

3. Istirahat dengan Cukup

Lari

Meski harus fokus menjalani latihan rutin, setiap individu yang akan melakukan lari ultra maraton juga perlu menjaga istirahatnya. Sebab, jam istirahat yang cukup akan membuat tubuh jauh lebih siap untuk berlaga di lari ultra maraton.

2. Latihan Lebih Spesifik

Lari

Persiapan lainnya adalah berlatih secara spesifik. Sebelum menempuh jarak yang jauh di ultra maraton, Anda harus mulai berlatih lari dalam beberapa jarak.

Anda bisa berlari 40 mil per minggu. Dengan kondisi ini, Anda bisa lebih mempersiapkan diri untuk berlari dalam konisi yang naik dan turun.

1. Jaga Stamina Tubuh

Lari

Terakhir, persiapan yang penting dilakukan adalah menjaga stamina tubuh. Sebab, jika kondisi tubuh tak prima, semua persiapan lain yang dilakukan akan menjadi percuama.

Salah satu yang penting diperhatikan adalah menghindari cedera. Sebab, kala menjalani latihan, jika tak berhati-hati, Anda bisa mengalami nasib sial seperti keseleo hingga cedera.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini