Share

5 Nomor Bulu Tangkis yang Dipertandingkan, Pencinta Tepok Bulu Harus Tahu!

Destriana Indria Pamungkas, Jurnalis · Senin 13 Juni 2022 12:38 WIB
https: img.okezone.com content 2022 06 13 40 2610542 5-nomor-bulu-tangkis-yang-dipertandingkan-pencinta-tepok-bulu-harus-tahu-RmSoJCsrGm.jpeg 5 Nomor Bulu Tangkis yang Dipertandingkan. (Foto: PBSI)

5 nomor bulu tangkis yang dipertandingkan akan dibahas pada artikel kali ini. Bulu tangkis merupakan salah satu jenis olahraga yang tidak bisa dimainkan sendirian.

Permainan ini bisa dimainkan oleh satu orang atau tunggal, maupun dua orang alias ganda. Waktu permainannya dibagi menjadi dua gim, yang mana pebulu tangkis yang menyentuh 21 poin berhak memenangkan gim tersebut. Namun, jika dalam dua gim kedua pihak sama-sama memetik kemenangan, maka akan ditambah satu gim lagi, yaitu rubber game atau babak penentu.

Dalam aturan permainannya, bulu tangkis memiliki nomor-nomor lomba yang biasa dipertandingkan. Nah, berikut adalah 5 nomor bulu tangkis yang dipertandingkan yang dikutip dari buku Jago Bulu Tangkis karya Muhammad Rinaldi dan beberapa sumber lain.

Berikut 5 Nomor Bulu Tangkis yang Dipertandingkan:

Nomor Tunggal Putra

Jonatan Christie

Nomor bulu tangkis tunggal putra berarti dalam satu gim terdapat satu pemain putra yang melawan satu permain putra. Adapun beberapa contoh pemain tunggal putra yang melegenda di Indonesia, yaitu Taufik Hidayat, Rudi Hartono, dan Liem Swie King.

Untuk saat ini, tunggal putra dunia yang terkenal adalah Viktor Axelsen (Denmark), Kento Momota (Jepang), Loh Kean Yew (Singapura), Lee Zii Jia (Malaysia), dan masih banyak lagi. Sementara dari Indonesia ada nama Jonatan Christie, Anthony Sinisuka Ginting, Shesar Hiren Rhustavito, Tommy Sugiarto, dan Chico Aura Dwi Wardoyo.

Nomor Tunggal Putri

Gregoria Mariska Tunjung

Nomor tunggal putri sama halnya dengan sebelumnya, yaitu satu pemain putri akan berhadapan dengan satu pemain putri dari pihak lawan. Salah satu pemain tunggal putri Indonesia yang paling melegenda adalah Susy Susanti. Saat ini tunggal putri Indonesia yang terkenal adalah Gregoria Mariska Tunjung.

Nomor Ganda Putra

Marcus/Kevin

Nomor ganda putra berarti dalam satu pertadingan bulu tangkis terdapat dua pemain putra yang akan berhadapan dengan dua permain putra dari pihak lawan. Indonesia memiliki ganda putra paling fenomenal, yakni Hendra Setiawan/Mohammad Ahsan dan Kevin Sanjaya Sukamuljo/Marcus Fernaldi Gideon.

Nomor Ganda Putri

Greysia/Apriyani

Sama halnya dengan penjelasan sebelumnya, nomor ganda putri berarti dua pemain putri akan berhadapan dengan dua pemain putri dari pihak lawan. Salah satu ganda putri kebanggaan Indonesia adalah Greysia Polii/Apriyani Rahayu.

Nomor Ganda Campuran

Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti

Ganda campuran cukup berbeda dengan nomor bulu tangkis yang lain. Pada nomor ganda campuran, pemain akan berpasangan putra-putri dan lawannya pun akan berpasangan putra-putri. Salah satu contoh ganda campuran Indonesia adalah Tontowi Ahmad/Liliyana Natsir. Namun, saat ini yang terkenal adalah Praveen Jordan/Melati Daeva Oktavianti.

Demikian penjelasan mengenai 5 Nomor Bulu Tangkis yang Dipertandingkan. Siapa favorit anda?

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini