Share

Biodata dan Agama Pusarla V Sindhu, Salah Satu Atlet Terkaya di India

Rina Anggraeni, Jurnalis · Rabu 13 April 2022 20:04 WIB
https: img.okezone.com content 2022 04 13 40 2578480 biodata-dan-agama-pusarla-v-sindhu-salah-satu-atlet-india-yang-terkaya-versi-forbes-662Nh8GwbK.jpg Biodata dan Agama Pusarla V Sindhu. (Foto: BWF)

BIODATA dan agama Pusarla V Sindhu akan dicoba dikulik oleh Okezone. Pebulu tangkis tunggal putri asal India ini masuk dalam jajaran atlet wanita terkaya di dunia versi Forbes pada tahun 2019.

Sindhu masuk dalam daftar tersebut bersama sederet atlet kenamaan di dunia tenis seperti Maria Sharapova, Serena Wiliams, Venus williams. Serta menempati posisi ketujuh atlet wanita terkaya dunia. Total jumlah penghasilannya mencapai 8,5 juta dollar AS atau sekitar Rp 120 miliar.

Sedangkan untuk biodata dan agama Pusarla sendiri memeluk agama Hindu yang mayoritas agama di India. Pemain kelahiran 5 Juli 1995 ini merupakan wanita India pertama yang memenangkan sebuah medali perak Olimpiade. Ia adalah salah satu dari dua pemain bulu tangkis India yang pernah memenangkan sebuah medali Olimpiade, yang lainnya adalah Saina Nehwal.

Pemilik nama asli Pusarla Venkata Sindhu itu memulai karier sebagai atlet bulu tangkis profesional pada tahun 2009 lalu.

Pusarla V Sindhu

Sindhu meraih perhatian internasional saat ia mencapai urutan 20 besar BWF World Ranking pada September 2012 di usia 17 tahun. Pada 2013, menjadi pemain tunggal putri India pertama yang memenangkan sebuah medali di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis. Pada Maret 2015, ia menjadi penerima termuda dari penghargaan sipil tertinggi keempat di India, Padma Shri.

Sindhu memenangkan gelar seri super pertamanya di China Open 2016 dan mengikutinya dengan empat final lagi pada tahun 2017, memenangkan gelar di Korea Selatan dan India. Selain itu, ia telah memenangkan masing-masing medali perak di Commonwealth Games 2018 dan Asian Games 2018, serta dua medali perunggu di Piala Uber.

Medali perak yang dimenangkan dalam lomba tunggal putri Olimpiade Musim Panas 2016 membuatnya menjadi orang India pertama yang mencapai babak final lomba bulu tangkis Olimpiade dan orang India yang masuk babak akhir dalam sebuah lomba tunggal di Olimpiade

Lalu, pada Olimpiade Tokyo 2020 Sindhu berhasil mendapat medali perunggu untuk sektor tunggal putri juga.

Saat ini, Sindhu mengantongi medali emas untuk turnaman Swiss Open 2022 di nomor tunggal putri. Tunggal putri India, Pusarla V Sindhu, menang usai membantai wakil Thailand, Busanan Ongbamrungphan, di final dengan skor 21-16 dan 21-8.

Pemain berusia 26 tahun itu dengan cepat memperbaiki eror-eror yang sebelumnya dilakukannya. Hasilnya dia berhasil membalikkan keadaan menjadi 11-10 pada interval gane pertama.

Pusarla V Sindhu

Usai jeda, Sindhu dan Busanan bersaing sangat ketat. Mereka sama-sama sabar melancarkan serangan dan lebih banyak bermain dengan rally-rally panjang. Namun, sang utusan Negeri Gajah Putih terlihat kalah stamina sehingga beberapa pukulannya keluar garis yang membuatnya tertinggal 16-13 oleh Sindhu.

Mengincar gelar juara, Sindhu langsung tancap gas pada gim kedua dengan menerapkan serangan-serangan bola cepat dan mendatar serta smash-smash keras. Alhasil, Sindhu pun juara di Swiss Open 2022.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini