Share

5 Legenda Pebulutangkis Indonesia yang Paling Ditakuti Dunia, Nomor 1 Peraih Emas Olimpiade 2016

Tim Okezone, Jurnalis · Selasa 29 Maret 2022 14:07 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 29 40 2569688 5-legenda-pebulutangkis-indonesia-yang-paling-ditakuti-dunia-nomor-1-peraih-emas-olimpiade-2016-Zir6t6i2mr.jpg Liliyana Natsir. (Foto: Humas PBSI)

5 legenda pebulu tangkis Indonesia yang paling ditakuti dunia menarik diulas. Sebab, kehadiran para pebulu tangkis ini membuat dunia bulu tangkis Indonesia makin dipandang oleh dunia.

Ya, bulu tangkis memang menjadi salah satu cabang olahraga andalan Indonesia untuk mendulang prestasi di kancah dunia. Kini, sejumlah pemain pun masih terus menunjukkan tajinya dengan mendulang hasil manis, seperti Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo hingga Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan.

BACA JUGA: 5 Pebulu Tangkis Cantik yang Tampil di All England 2022, Nomor 1 Andalan Indonesia

Sebelum kehadiran mereka, ada sejumlah pebulu tangkis lain yang sudah melegendaris di Indonesia hingga kekuatannya diakui dunia. Siapa saja mereka? Berikut 5 legenda pebulu tangkis Indonesia yang paling ditakuti dunia.

BACA JUGA: Usai Tampil di All England hingga Swiss Open, Tim Bulu Tangkis China Gelar Pemusatan Latihan di Thailand

5. Rudy Hartono

Rudy Hartono

Salah satu legenda pebulu tangkis Indonesia yang paling ditakuti dunia ialah Rudy Hartono. Dia menorehkan beragam prestasi manis selama masih aktif berkarier sebagai pebulu tangkis.

Rudy tampil di tiga nomor pertandingan yang berbeda, yakni tunggal putra, ganda putra, dan ganda campuran. Selama itu, dia sukses meraih 23 gelar juara, di antaranya ada All England sebanyak delapan gelar.

Atas prestasi manisnya, Rudy pernah masuk Guiness Book of World Records pada 1982. Dengan sederet prestasi itu, tak mengherankan jika Rudy Hartono jadi salah satu legenda pebulu tangkis Indonesia yang paling ditakuti dunia.

4. Susy Susanti

Susy Susanti

Di urutan keempat, ada nama Susy Susanti. Dia merupakan andalan Indonesia dalam mendulang prestasi di sektor tunggal putri. Salah satu prestasi membanggakan yang diraih Susy adalah medali emas Olimpiade Barcelona 1992.

Selain itu, Susy Susanti meraih empat gelar juara All England. Tak heran, dia menjadi ratu bulu tangkis.

3. Liem Swie King

Liem Swie King

Kemudian, ada Liem Swie King. Dia merupakan legenda bulu tangkis Indonesia yang menorehkan kesuksesan besar di sektor tunggal putra. Dia meraih berbagai gelar juara, seperti All England, Asian Games, Piala Thomas, dan masih banyak lagi lainnya.

Banyaknya prestasi yang ditorehkan membuktikan kualitas Liem Swie King. Dia bahkan dianugerahi penghargaan Hall of Fame oleh Federasi Bulu Tangkis Dunia (BWF).

2. Taufik Hidayat

Taufik Hidayat

Lalu, ada Taufik Hidayat. Dia juga jadi andalan Indonesia dalam mendulang prestasi di bulu tangkis, utamanya pada sektor tunggal putra. Salah satu yang paling diingat adalah medali emas Olimpiade Athena 2004.

Saking apiknya permainan Taufik Hidayat, dia bahkan masuk daftar 4 pemain tunggal putra terbaik dunia yang dijuluki Fantastic Four.  Dalam daftar itu, Taufik bernaung bersama Lin Dan (China), Lee Chong Wei (Malaysia), dan Peter Gade (Denmark). Taufik juga membuat publik dunia tercengang karena berhasil meraih ranking satu dunia saat usianya baru 17 tahun.

1. Lilyana Natsir

Liliyana Natsir

Terakhir, ada nama Lilyana Natsir. Dia legenda bulu tangkis Indonesia dari sektor ganda campuran. Dia sukses meraih prestasi manis kala bermain dengan pasangan yang berbeda, yakni Nova Widianto dan Tontowi Ahmad.

Bersama Nova Widianto, Lilyana Natsir meraih beragam prestasi manis, di antaranya medali perak di Olimpiade Beijing 2008. Sementara itu, bersama Tontowi Ahmad, dia menyabet medali emas di Olimpiade Rio 2016.

Momen Liliyana meraih medali emas pun terasa makin spesial. Pasalnya, hal itu terjadi tepat pada 17 Agustus yang merupakan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia. Dengan beragam prestasinya, Lilyana Natsir menjadi salah satu pemain yang disegani lawan. Kini, banyak pemain yang menjadikannya panutan karena ingin sehebat dirinya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini