Share

Keluhkan Porpoising Mobil Mercedes, Lewis Hamilton Ragu Juara F1 GP Arab Saudi 2022

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Kamis 24 Maret 2022 20:02 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 24 37 2567400 keluhkan-porpoising-mobil-mercedes-lewis-hamilton-ragu-juara-f1-gp-arab-saudi-2022-OwxsuFNnlD.jpg Lewis Hamilton, pembalap Mereces AMG Petronas (Foto: Formula One)

PEMBALAP Mercedes-AMG Petronas, Lewis Hamilton ragu bisa tampil maksimal di Formula One (F1) GP Arab Saudi 2022, yang akan berlangsung Minggu 27 Maret mendatang. Hal itu disebabkan masalah propoising pada mobilnya. .

Sebagaimana diketahui, masalah porpoising memang menjadi momok tersendiri bagi seluruh pembalap F1 di musim 2022. Gejala ini biasanya terjadi pada lintasan lurus dan membuat mobil terasa memantul, hingga membuat pembalap terasa mual karena guncangan di dalam mobil.

Mercedes AMG Petronas

Masalah ini sudah dialami mayoritas pembalap pada uji coba pramusim di Sirkuit Barcelona, Februari lalu. Namun, sejumlah tim mampu meminimalisir, sehingga tak terlalu berefek.

Celakanya, mobil Mercedes W13 milik Lewis Hamilton masih mengalami hal tersebut. Hamilton pun menilai gejala porpoising sudah menjadi bawaan mobilnya. Itu tak hanya terjadi di Bahrain dan Barcelona.

“Masalah yang kami hadapi tak spesifik di lintasan tertentu. Karena masalah itu sudah ada sejak pramusim di Barcelona,” kata Hamilton dikutip RN365, Kamis (24/3/2022).

Masalah porpoising di Sirkuit Sakhir dianggap semakin buruk, karena permukaannya yang bergelombang. Hamilton memperkirakan masalah tersebut akan semakin parah di lintasan jalan raya seperti Sirkuit Jeddah Corniche, Arab Saudi.

“Lintasan di Barcelona tak bergelombang, tetapi sudah bermasalah. Sedangkan Bahrain bergelombang dan punya lintasan lurus yang panjang. Di Arab Saudi punya karakter lintasan lurus yang lebih panjang,” ujarnya.

Lewis Hamilton

Hamilton ragu masalah tersebut dapat segera diatasi oleh Mercedes. Namun, dia menegaskan jika para anggota kru Mercedes tengah bekerja keras untuk mengatasi masalahnya.

“Kecuali memperbaikinya, kami akan menghadapi masalah yang sama. Banyak yang bekerja keras tanpa henti dibalik layar, demi mencari solusi,” tutur Hamilton.

Sekadar informasi, hasil kurang maksimal memang diraih Hamilton ketika balapan F1 GP Bahrain 2022. Ketika itu pembalap asal Inggris tersebut hanya mampu finis di urutan ketiga.

Ia kalah dari dua pembalap Scuderia Ferrari, Charles Lecrec yang berhasil finis di urutan pertama. Kemudian, ada Carlos Sainz yang menyudahi balapan di posisi kedua.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini