Share

BWF Resmi Tangguhkan Pebulu Tangkis Rusia dan Belarusia di Setiap Turnamen, Buntut Invasi ke Ukraina

Muammar Yahya Herdana, Jurnalis · Selasa 01 Maret 2022 18:26 WIB
https: img.okezone.com content 2022 03 01 40 2554828 bwf-resmi-tangguhkan-pebulu-tangkis-rusia-dan-belarusia-di-seluruh-turnamen-buntut-invasi-ke-ukraina-tOhA6DPkjg.jpg Ilustrasi bulu tangkis. (Foto: Reuters)

FEDERASI Bulu Tangkis Dunia (BWF) resmi menangguhkan atau melarang seluruh atlet Rusia dan Belarusia tampil di setiap turnamen. Keputusan ini diambil sesuai rekomendasi yang dikeluarkan oleh Komite Olimpiade Internasional (IOC) usai terjadinya invasi Rusia ke Ukraina.

Seperti yang telah diketahui, Rusia telah melakukan invasi militer terhadap Ukraina sejak Kamis 24 Februari 2022. Belarusia pun ikut mendapat sanksi karena secara terbuka karena mendukung tindakan yang dilakukan Rusia.

BWF

BACA JUGA: Tegas! BWF Batalkan Semua Turnamen Bulu Tangkis di Rusia hingga Larang Pengibaran Bendera, Buntut Invasi ke Ukraina

“BWF telah memperkuat tindakannya terhadap pemerintah Rusia dan Belarusia dengan menangguhkan atlet dan perwakilan resmi negara-negara di sana untuk berpartisipasi di turnamen internasional yang disetujui BFW hingga pemberitahuan lebih lanjut,” tulis pernyataan resmi BWF, Selasa (1/3/2022).

BACA JUGA: Daftar 16 Negara yang Lolos ke Piala Thomas dan Uber 2022

Sebelumnya, BWF telah membatalkan seluruh turnamen yang akan digelar di Rusia dan Belarusia. Nantinya, penangguhan para atlet dan oficial Rusia serta Belarusia akan berlaku sejak Jerman Open 2022.

“BWF sudah bergerak untuk membatalkan semua turnamen yang disetujui BWF di Rusia dan Belarusia segera berlaku. Pemberlakuan nonpartisipasi atlet bulu tangkis dan ofisial dari Rusia dan Belarusia dimulai di Jerman Open 2022,” imbuhnya.

Meski begitu, beberapa atlet Rusia akan tetap berlaga di turnamen parabadminton di Spanyol. Pasalnya, mereka saat ini telah berada di lokasi pertandingan. Meski begitu, mereka akan bertanding sebagai atlet netral sehingga dilarang menggunakan simbol negara Rusia.

Ilustrasi bulu tangkis

“Sebagian kecil atlet Rusia yang berkompetisi di turnamen parabadminton di Spanyol pada minggu ke-9 dan 10 akan tetap diizinkan bertanding karena mereka telah tiba di lokasi,” sambung pernyataan tersebut.

“Para pemain ini bagaimanapun akan berkompetisi sebagai atlet netral tanpa adanya bendera nasional maupun lagu kebangsaan,” pungkasnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini