Share

Tegas! BWF Batalkan Semua Turnamen Bulu Tangkis di Rusia hingga Larang Pengibaran Bendera, Buntut Invasi ke Ukraina

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Senin 28 Februari 2022 17:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 28 40 2554289 tegas-bwf-batalkan-semua-turnamen-bulu-tangkis-di-rusia-hingga-larang-pengibaran-bendera-buntut-invasi-ke-ukraina-vJq2wWaxD5.jpg Ilustrasi bulu tangkis

FEDERASI Bulu Tangkis Dunia (BWF) mengeluarkan pernyataan resmi terkait imbas invasi militer Rusia ke Ukraina. BWF yang mengambil sikap tegas pun memutuskan membatalkan turnamen hingga melarang pengibaran bendera Rusia dalam ajang-ajang bulu tangkis.

Pernyataan ini dikeluarkan BWF pada Senin (28/2/2022). Terdapat setidaknya tiga poin yang disampaikan BWF sebagai bentuk keprihatinan atas warga sipil yang terkena dampak dari konflik itu.

BWF

Seperti diketahui, sejak beberapa hari lalu, Rusia menggencarkan operasi militer untuk menginvasi sejumlah daerah di Ukraina. Dalam serangan tersebut, banyak korban jiwa berjatuhan.

Buntut dari invasi Rusia ke Ukraina, sejumlah negara mengutuk tindakan Rusia dan mendukung penuh Ukraina. Beragam gerakan solidaritas pun ditunjukkan, bukan hanya di tatanan politik dan sosial, melainkan juga dari olahraga.

BACA JUGA: Tak Ada yang Juara di Tunggal Putra Syed Modi India International 2022, BWF Putuskan Hadiah Dibagi Rata

Di antaranya, BWF yang dalam pernyataannya yakin bahwa konflik dapat segera teratasi tanpa menggunakan kekerasan apa pun. BWF mengekspresikan keyakinan itu dengan berkontribusi menebarkan kedamaian dan solidaritas di antara semua pihak.

Dalam pernyataan itu, BWF juga menyampaikan dukungan penuh untuk keamanan rakyat Ukraina, termasuk komunitas badminton di negara itu serta pemain, pelatih, dan staf. Dia pun mengutuk keras segala tindakan Rusia.

BACA JUGA: Daftar 16 Negara yang Lolos ke Piala Thomas dan Uber 2022

“BWF mendukung penuh pernyataan publik dari Olimpiade Internasional Dewan Eksekutif Komite (IOC) dan mengungkapkan kekecewaannya dan kecaman keras atas pelanggaran yang dilakukan oleh pemerintah Rusia dan Belarusia dari Gencatan Senjata Olimpiade Majelis Umum PBB,” tulis pernyaan yang dipublikasi di laman resmi BWF.

“BWF berdiri dalam solidaritas penuh dengan seluruh gerakan olahraga internasional untuk menyerukan semua pihak untuk menghentikan tindakan kekerasan dan memulihkan perdamaian,” lanjutnya.

Selanjutnya, BWF bergerak untuk menyepakati langkah-langkah konkret. Terdapat tiga poin yang berdampak langsung pada kalender dan dinamika kompetisi pada musim 2022 ini.

Pertama, semua turnamen yang disetujui BWF di Rusia dan Belarusia dengan ini dibatalkan. Tidak ada turnamen BWF lainnya yang akan dialokasikan ke Rusia atau Belarus hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Kedua, bendera nasional Rusia dan Belarusia tidak boleh dikibarkan. Selain itu juga, lagu kebangsaan Rusia dan Belarusia tidak boleh dimainkan di setiap turnamen yang disetujui BWF hingga pemberitahuan lebih lanjut.

Kemudian yang ketiga, BWF akan menyampaikan simpati dan keprihatinan terdalamnya kepada Asosiasi Bulu Tangkis Ukraina. Mereka pun terus berkoordinasi untuk memberi dukungan kepada komunitas bulu tangkis Ukraina jika memungkinkan.

“BWF akan terus memantau situasi dengan cermat dan akan berkonsultasi secara proaktif dengan mitra gerakan olahraga internasional kami,” tutup pernyataan itu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini