Share

Terkuak, Pebulu Tangkis asal China Ini Diduga Lakukan Pengaturan skor saat Lawan Ganda Putra Indonesia di Denmark Open 2021

Andika Rachmansyah, Jurnalis · Sabtu 12 Februari 2022 19:56 WIB
https: img.okezone.com content 2022 02 12 40 2546332 terkuak-pebulu-tangkis-asal-china-ini-diduga-lakukan-pengaturan-skor-saat-lawan-ganda-putra-indonesia-di-denmark-open-2021-CDhtLYkFT8.jpg Di Zijian diduga lakukan pengaturan skor saat melawan Fikri/Bagas di Denmark Open 2021. (Foto: Instagram/dizjian_2.27)

BULU tangkis dunia dibuat heboh dengan adanya kasus dugaan pengaturan skor yang dilakukan pebulu tangkis ganda putra China, yakni Di Zijian. Di Zijian diduga sengaja kalah di gim pertama untuk melakukan pengaturan skor saat tampil di Denmark Open 2021, tepatnya ketika melawan wakil Indonesia.

Zijian merupakan pemain muda asal China yang masih berusia 22 tahun. Dia bertandem dengan Wang Chang. Dirinya bahkan digadang-gadang akan menjadi ganda putra masa depan China usai pebulu tangkis Li Junhui memutuskan gantung raket.

Akan tetapi, Zijian membuat geger dunia bulu tangkis. Pemain ganda putra peringkat 43 dunia tersebut diduga mengatur pertandingan selama Denmark Open 2021 lalu. Mantan pacarnya membocorkan beberapa tangkapan layar obrolan mereka pada tahun 2021.

Di Zijian

Tangkapan layar tersebut menunjukkan bagaimana Zijian memutuskan untuk kehilangan set pertama dengan sengaja. Sang mantan pacar menyebut bahwa Zijian bisa mendapatkan hingga seratus ribu renminbi atau setara Rp225 juta untuk melakukan itu.

“Saya siap kehilangan satu set di pertandingan pertama, Saya bisa mendapatkan hingga 100k plus renminbi, Saya akan mulai bermain serius setelah itu. Jika saya menang, saya menang, tetapi jika saya kalah, saya kalah,” ucap Di Zijian dalam isi percakapan tersebut, dikutip dari Badminton Planet, Sabtu (12/2/2022).

“Apa maksudmu?” tanya mantan pacar.

“Itu berarti kehilangan set pertama dengan sengaja, perjudian,” balas Zijian.

“Jadi, kamu akan bermain tiga set?” tanyanya lagi.

“Ya. Itu berarti jika saya memenangkan set kedua, saya juga harus memenangkan set ketiga, Tapi, saya akan kalah di set pertama. Saya tidak mau kalah sepanjang pertandingan,” tambah Zijian.

Follow Berita Okezone di Google News

Dalam chat tersebut, sang mantan menanyakan siapa yang akan menjadi lawannya ketika akan melakukan pengaturan skor tersebut. Zijian pun menjawab kalau lawannya adalah pasangan dari Indonesia.

Diduga, Zijian melakukan hal tersebut ketika menghadapi wakil Indonesia, Bagas Maulana/Shohibul Fikri, di Denmark Open 2021. Sebab, saat itu Zijian/Wang tertinggal sangat jauh di gim pertama dengan skor 6-21.

Namun nyatanya pertandingan tersebut tidak berjalan sesuai rencana. Bagas/Fikri terlalu tangguh bagi mereka dan sukses menyegel kemenangan dengan skor tipis 19-21 di game kedua.

Sejauh ini belum ada kabar lebih lanjut mengenai dugaan pengaturan skor tersebut. BWF selaku Federasi Bulu Tangkis Dunia belum berkomentar mengenai kabar yang sedang heboh di badminton tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini