Share

5 Pemain Bulu Tangkis Hebat Indonesia yang Pilih Pindah Negara, Nomor 1 Rebut Perak Olimpiade Athena 2004

Djanti Virantika, Jurnalis · Rabu 22 Desember 2021 06:43 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 22 40 2520711 5-pemain-bulu-tangkis-hebat-indonesia-yang-pilih-pindah-negara-nomor-1-rebut-perak-olimpiade-athena-2004-NvF2dQHgih.jpg Setyana Mapasa dan Gronya Somerville beraksi di Olimpiade Tokyo 2020. (Foto: Reuters)

KIPRAH pebulu tangkis top dunia selalu mengundang decak kagum. Sebab, ada sederet prestasi manis yang bisa mereka ukir. Di luar itu, ada serba-serbi terkait kehidupan mereka di dunia bulu tangkis yang juga tak kalah menarik dikulik, apalagi beberapa epemain memilih pindah negara.

Ya, ada sejumlah pebulu tangkis yang memutuskan pindah negara demi mengembangkan kemampuannya jauh lebih baik lagi. Bahkan, hal itu turut dilakukan oleh sejumlah atlet di Indonesia.

BACA JUGA: Anthony Ginting Kehilangan Mobil, Minta Bantuan ke Netizen untuk Mencari

Siapa saja mereka? Berikut 5 pebulu tangkis hebat Indonesia yang pilih pindah negara.

BACA JUGA: Kevin Sanjaya Akhirnya Bisa Potong Rambut, Gaya Rambut Barunya Bikin Netizen Terpana

5. Tony Gunawan

Di urutan kelima, ada nama Tony Gunawan. Dia memutuskan pindah kewarganegaraan pada 2011. Pebulu tangkis hebat di Tanah Air itu kini menjadi warga negara ke Amerika Serikat.

Tony Gunawan

Sosok Tony Gunawan sendiri sangat tersohor karena sukses mendulang pretasi manis kala masih aktif bermain. Lewat duetnya dengan Candra Wijaya, Tony Gunawan bahkan pernah menduduki peringkat satu dunia. Duet ini juga pernah medali emas Olimpiade Sydney 2000.

4. Halim Haryanto

Berikutnya, ada nama Halim Haryanto. Dia juga memutuskan berpindah kewarganeragaan ke Amerika Serikat. Kepindaannya terjadi pada tahun 2004.

Karier Halim sendiri tak kalah apik dari Tony Gunawan. Ia meraih sejumlah gelar juara bergengsi, seperti Taiwan Open 2005 hingga All England 2001 Dia sendiri pernah berpartner dengan Tony Gunawan.

3. Albertus Susanto Njoto

Nama lainnya ialah Albertus Susanto Njoto. Dia juga merupakan pemain spesialis ganda putra. Namun berbeda dengan Halim Haryanto dan Tony Gunawan, dia mumutuskaan menjadi warga negara Hong kong.

Alasan Albertus Susanto Njoto pindah pun terungkap. Ketatnya persaingan di Indonesia membuatnya memutuskan pindah.

2. Setyana Mapasa

Di urutan kedua, ada Setyana Mapasa. Pebulu tangkis yang satu ini memutuskan menjadi warga negara Australia. Dia kini membela Australia di nomor ganda putri. Sejak 2014, Setyana dinaturalisasi sehingga menjadi warga negara Australia.

Setyana Mapasa

Sebelum menjadi WNA (warga negara asing), Setyana pernah masuk pelatnas PBSI junior. Akan tetapi, cedera membuat karier perempuan kelahiran Minahasa, Sulawesi Utara, 15 Agustus 1995 ini, tidak berkembang.

Sejak menjadi warga negara Australia, Setyana memiliki karier cukup bagus di dunia bulu tangkis. Turun di sektor ganda putri bersama Gronya Somerville, Setyana telah mengukir beberapa prestasi bergengsi. Setyana bersama pasangan bermainnya, Gronya Somerville, pun turut tampil di Olimpiade Tokyo 2020.

1. Mia Audina

Terakhir, ada ama Mia Audina. Pemain yang satu ini merupakan spesialis tunggal putra. Mia pun pernah menjadi andalan Indonesia.

Mia Audina

Namun, Mia Audina pindah kewarganegaaraan pada 1999. Dia menjadi warga negara Belanda kini karena mengikuti sang suami. Selama mashih aktif bermain di Tanah Aair, Mia sendiri sukses meraih beragam prestasi bergengsi, di antaranya medali perak Olimpiade Atlanta 1996 dan emas SEA Games 1997.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini