Share

Unik, Sirkuit Balapan Formula E Jakarta 2022 yang Berlangsung di Ancol Berbentuk seperti Kuda Lumping

Fitradian Dimas Kurniawan, Jurnalis · Rabu 22 Desember 2021 12:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 22 37 2520883 unik-sirkuit-balapan-formula-e-jakarta-2022-yang-berlangsung-di-ancol-berbentuk-seperti-kuda-lumping-2idKyscq7P.jpg Bentuk Sirkuit Ancol untuk balapan Formula E Jakarta 2022. (Foto: JakPro)

JAKARTA - Panitia penyelenggara Formula E (FE) Jakarta telah meresmikan kawasan Ancol sebagai sirkuit ajang balapan tersebut di musim 2022 mendatang. Menariknya, nantinya Sirkuit Ancol itu memiliki bentuk yang mirip seperti kuda lumping dan ternyata itu ada alasannya.

Setelah nasibnya sempat tidak menemui kejelasan, akhirnya Sirkuit Internasional Ancol akan menjadi tuan rumah FE Jakarta 2022. Lintasan itu pun telah mendapat persetujuan dari FIA dan FE Event Organizer (FEO).

Menariknya, lintasan Sirkuit Ancol sendiri secara sekilas menyerupai bentuk dari kuda lumping. Direktur Utama PT Jakarta Propertindo (Jakpro) Widi Amanasto menyebut hal tersebut memiliki makna tersendiri.

Baca Juga:ย Balapan Formula E Jakarta Resmi Digelar di Ancol

Formule E Jakarta 2022 resmi digelar di Ancol. (Foto: Fitradian Dimas/MPI)

โ€œKalau melihat sirkuitnya, rupanya seperti kuda lumping. Filosofi kuda lumping ini karena warisan nasional,โ€ kata Widi saat konferensi pers di Ancol, Rabu (22/12/2022).

Sirkuit Internasional Ancol ini sendiri memiliki total panjang 2,4 km, dengan lintasan lurus paling panjang berjarak 600 meter. Terdapat 18 tikungan di dalamnya dengan lebar sirkuit 12 meter.

Rencananya, FE Jakarta 2022 bakal diadakan pada 4 Juni mendatang. Balapan ini nantinya akan menjadi seri kesembilan dari rangkaian FE 2022-2022, yang merupakan musim kedelapan.

Sebelumnya, FE Jakarta sempat berencana untuk dilangsungkan di kawasan Monumen Nasional. Tetapi, rencana tersebut ditolak, karena berbagai macam alasan yang beredar.

Sebab itu, pihak penyelenggara langsung mencari tempat yang cocok sebagai pengganti. Setelah mempertimbangkan segala aspek, maka Ancol pun menjadi pilihan.

Sirkuit International Ancol. (Foto: JakPro)

Ancol pun dipilih karena nantinya sirkuit tidak akan dibangun dari 0 lantaran di kawasan tersebut sudah cukup memadai untuk dijadikan venue balapan Formula E. Alasan lainnya karena Ancol juga merupakan ikonik Jakarta dan tak menganggu kegiatan masyarakat saat balapan berlangsung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini