Share

Prediksi Ranking BWF Usai Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021: Jadi Kampiun, Loh Kean Yew Langsung Naik 7 Peringkat?

Andhika Khoirul Huda, Jurnalis · Senin 20 Desember 2021 17:30 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 20 40 2519941 prediksi-ranking-dunia-bwf-usai-kejuaraan-dunia-bulu-tangkis-2021-jadi-kampiun-loh-kean-yew-langsung-naik-7-peringkat-6SXuNJZ5mz.jpg Podium Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021. (Foto: Reuters)

PREDIKSI ranking BWF usai Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021 menarik untuk dibahas. Sebab, ada sejumlah pemain yang diyakini akan naik peringkat usai mendulang hasil manis di ajang itu, termasuk jagoan Singapura dari sektor tunggal putra, Loh Kean Yew.

Ya, ajang Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021 telah berakhir pada 19 Desember 2021. Para pemain yang berlaga tentu akan mendapatkan poin ranking tambahan usai mengikuti turnamen yang digelar di Huelva, Spanyol itu.

Viktor Axelsen

Usai rampung digelar, prediksi soal ranking pun menarik dikulik. Dari sektor tunggal putra, pemain ranking satu dunia, Viktor Axelsen, diprediksi masih akan tetap bercokol di posisi puncak.

Hal ini diprediksi tetap terjadi, meskipun Axelsen tersingkir pada babak pertama Kejuaraan Dunia 2021. Pasalnya, 116.779 poin yang dimiliki oleh pemain asal Denmark itu masih terlalu jauh untuk dikejar para pesaingnya.

Perubahan paling besar sepertinya akan terjadi pada peringkat sang juara dunia asal Singapura, Loh Kean Yew. Pemain berusia 24 tahun itu diperkirakan akan naik tujuh peringkat ke posisi 15 dunia setelah sebelumnya berada di urutan 22.

BACA JUGA: Loh Kean Yew Juara Dunia 2021, Srikanth Kidambi: Permainannya Makin Matang

Lalu, lawannya di partai puncak, Kidambi Srikanth, juga kemungkinan akan naik empat peringkat. Alhasil, Kidambi kemungkinan menempati posisi 10 dunia.

Tai Tzu Ying

Beralih ke sektor tunggal putri, posisi Tai Tzu Ying sebagai pemain nomor satu dunia juga tidak akan bergeser, meski gagal menjadi juara dunia. Pasalnya, pemain asal Taiwan itu tetap sukses meraih medali perak pada Kejuaraan Dunia 2021.

BACA JUGA: Kampiun, Loh Kean Yew Bawa Singapura Jadi Negara Ketiga di Asia Tenggara yang Juara di Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis

Namun, sang juara asal Jepang, Akane Yamaguchi, kemungkinan akan naik satu peringkat ke urutan dua. Dia mengoleksi 105.149 poin.

Kemudian, di sektor ganda putra, posisi Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo, yang absen pada Kejuaraan Dunia tahun ini juga diprediksi tidak akan bergeser. Akan tetapi, mereka patut waspada karena juara dunia 2021, Takuro Hoki/Yugo Kobayashi (Jepang), walaupun kemungkinan masih akan ada di ranking empat terus memangkas jarak.

Lalu, dua peraih medali perunggu, Kim Astrup/Anders Skaarup Rasmussen (Denmark) dan Ong Yew Sin/Teo Ee Yi (Malaysia) diperkirakan akan naik satu peringkat ke urutan sembilan dan 11 dunia. Lalu, pasangan peraih medali perak asal China, He Ji Ting/Tan Qiang, kemungkinan akan menembus ranking 20 besar karena sebelumnya masih berada di urutan 24.

Selanjutnya, perubahan peringkat teratas diprediksi akan terjadi di sektor ganda putri. Pasalnya, Chen Qing Chen/Jia Yi Fan (China) dan Lee So Hee/Shin Seung Chan yang masing-masing ada di peringkat tiga dan empat berhasil menjadi juara dan runner up pada Kejuaraan Dunia 2021.

Chen Qingchen/Jia Yi Fan

Alhasil, Chen/Jia sangat berpeluang naik ke peringkat satu dunia. Dia diikuti oleh Lee/Shing yang akan naik ke urutan dua.

Sementara itu, pasangan nomor satu dunia, Kim So Yong/Kong Hee Yong (Korea Selatan), hanya berhasil meraih medali perunggu sehingga mereka terancam turun ke peringkat tiga. Lalu, peraih medali perunggu lainnya, Mayu Matsumoto/Wakana Nagahara (Jepang), sepertinya masih akan tetap berada di posisi lima.

Terakhir, di sektor ganda campuran sepertinya tidak akan ada banyak perubahan yang terjadi. Pasalnya, pasangan nomor satu dunia asal Thailand, Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai, berhasil menyabet medali emas Kejuaraan Dunia 2021. Alhasil, mereka akan semakin kukuh di ranking teratas dengan koleksi 115.400 poin.

Dechapol Puavaranukroh/Sapsiree Taerattanachai

Sementara itu, pasangan peraih medali perak, Yuta Watanabe/Arisa Higashino (Jepang), diprediksi akan tetap berada di peringkat empat dunia. Lalu, pasangan ranking 53 dunia, Kyohei Yamashita/Naru Shinoya (Jepang), yang berhasil meraih medali perunggu kemungkinan akan melesat naik beberapa peringkat.

Namun, Tang Chun Man/Tse Ying Suet (Hong Kong), yang juga mendapat perunggu sepertinya masih akan tetap berada di posisi tujuh. Namun, kepastiaan soal hal itu baru akan diketahui kala BWF merilis daftar ranking sesungguhnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini