Share

Loh Kean Yew Kampiun Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021, Ini Sosok Penting di Balik Kesuksesannya

Cikal Bintang, Jurnalis · Kamis 23 Desember 2021 18:05 WIB
https: img.okezone.com content 2021 12 23 40 2521658 loh-kean-yew-kampiun-kejuaraan-dunia-bulu-tangkis-2021-ini-sosok-penting-di-balik-kesuksesannya-nUFH4m8V2m.jpg Loh Kean Yew (bawah) bersama Kelvin Ho. (Foto: Instagram/@lohkeanyew)

LOH Kean Yew menyebut sang pelatih, Kelvin Ho, sebagai sosok penting dalam keberhasilannya merebut gelar Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021. Pebulu tangkis asal Singapura itu mengaku berkat dorongan sang pelatih dirinya mengalami peningkatan performa.

Loh Kean Yew menjadi sorotan dunia setelah memenangkan tiga gelar prestisius di pengujung 2021. Pertama, pebulu tangkis 24 tahun itu menjadi jawara Dutch Open 2021. Kemudian, Loh Kean Yew menjadi kampiun di Hylo Open 2021.

Loh Kean Yew

(Loh Kean Yew keluar sebagai juara dunia 2021 nomor tunggal putra)

Puncaknya, Loh Kean Yew menjadi pebulu tangkis pertama Singapura yang meraih gelar Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis. Dalam perjalanan gemilang Loh Kean Yew itu, Kelvin Ho berperan besar.

Bagaimana tidak, Kelvin Ho tidak hanya berperan sebagai pelatih yang mengeluarkan instruksi kepada Loh Kean Yew, ia juga dianggap sebagai sahabat karib. Loh Kean Yew menuturkan, sosok Kelvin Ho sangat berpengaruh baginya di dalam maupun di luar lapangan.

β€œIa (Kelvin Ho) sudah menjadi seperti kakak laki-laki. Kami sangat dekat, ia tahu apa yang saya pikirkan dan saya tidak bisa membohonginya, jadi apa pun yang saya rasakan akan saya katakan padanya,” kata Loh Kean Yew mengutip dari The Straits Times, Kamis (23/12/2021).

BACA JUGA: Lee Chong Wei Analisis Keberhasilan Loh Kean Yew Jadi Jawara Kejuaraan Dunia Bulu Tangkis 2021

β€œSeperti di French Open, ia tahu saya akan terpengaruh dan mengatakan kepada saya untuk berhati-hati. Saya tidak mendengarkannya dan saya mengacaukannya, tetapi saya belajar dari itu,” sambung Loh Kean Yew.

"Ia sangat membantu. Ketika saya masih di pelatnas, ia melatih saya ketika saya keluar malam di waktunya sendiri. Ia membuat banyak pengorbanan tidak hanya untuk saya, tetapi juga pemain lain. Begitulah cara dia bersemangat. adalah sebagai pelatih, yang tidak banyak orang lihat,” jelas pemain kelahiran Penang, Malaysia itu.

Loh Kean Yew

(Loh Kean Yew (kiri) bersama Kelvin Ho)

Di sisi lain, Kelvin Ho pun setuju dengan penilaian Loh Kean Yew terhadap dirinya. Ia pun menyanjung Loh Kean Yew yang bisa mengikuti instruksinya. Menurutnya, Loh Kean Yew bisa menyesuaikan apa yang sudah diinstruksikannya, serta mempunyai kemauan untuk bekerja keras.

"Di lapangan, Loh Kean Yew akan selalu melihat saya untuk umpan balik setelah setiap poin. Pada titik-titik penting, saya akan memukul dada saya untuk mendesaknya agar berani dan tidak terlalu bersemangat atau takut,” tutur Kelvin.

"Para pemain memiliki kebiasaan dan mereka memiliki titik buta, jadi pelatih ada untuk menunjukkan ini kepada mereka ketika ada kebutuhan untuk mengubah arah atau kecepatan. Dan kecepatannya untuk menyerap dan mengadaptasi instruksi dadakan seperti itu telah meningkat pesat dalam beberapa bulan terakhir,” tegas Kelvin.

Berkat keluar sebagai juara dunia, Loh Kean Yew mengalami peningkatan posisi yang drastis, yakni tujuh posisi. Loh Kean Yew saat ini menempati peringkat 15 dunia nomor tunggal putra.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini