Share

Di Belakang MotoGP dan F1, World Superbike Mandalika 2021 Jadi Ajang Balap Terfavorit Ketiga

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Rabu 01 Desember 2021 01:03 WIB
https: img.okezone.com content 2021 11 30 38 2509914 di-belakang-motogp-dan-f1-world-superbike-mandalika-2021-jadi-ajang-balap-terfavorit-ketiga-pB9QRkNABd.jpg Toprak Razgatlioglu beraksi usai balapan di World Superbike Mandalika 2021. (Foto/WSBK)

WORLD Superbike (WSBK) Mandalika 2021 menjadi ajang balap terfavorit ketiga pada tahun ini versi media Crash. Ajang yang berlangsung di Sirkuit Mandalika, Lombok, NTB itu kalah dari MotoGP 2021 dan Formula One 2021

Pertarungan kejuaraan WorldSBK 2021 berlangsung mendebarkan, sengit, dan unik. Ajang ini menyajikan persaingan gelar juara antara pembalap PATA Yamaha Toprak Razgatlioglu dan Jonathan Rea dari Kawasaki.

Foto/WorldSBK

Tak hanya itu, yang lebih spesial lagi adalah diselenggarakan pada sirkuit baru yang belum pernah diketahui para pembalap sebelumnya. Ya, sirkuit itu terletak di Mandalika, Indonesia.

Baca juga: World Superbike Umumkan Kalender Musim 2022, Sirkuit Mandalika Jadi Seri Ke-11

Musim Mandalika 2021 dinilai laman Crash sebagai salah satu yang terbaik sepanjang sejarah. Di mana Razgatlioglu, Rea dan Scott Redding menghasilkan pertarungan sepanjang musim yang luar biasa.

Baca juga: Juara Dunia World Superbike 2021, Toprak Razgatlioglu Masih Ragu Gunakan Nomor 1

Razgatlioglu merebut gelar pada balapan pertama sepanjang karirnya padahal hanya finis kedua di race 1 dan keempat di race 2. Sementara, Rea yang memenangkan kedua balapan Mandalika sudah dinyatakan gagal juara sejak race 1.

Perebutan gelar tersebut cukup mirip dengan di F1 di musim ini. Di mana saat ini Max Verstappen dan Lewis Hamilton hanya terpaut delapan poin dengan dua balapan tersisa. Diprediksi kejar-kejaran poin akan berlangsung hingga detik terakhir.

Mirip juga dengan gelaran MotoGP 2021. Ya meski Fabio Quartararo relatif nyaman menjadi juara dengan tiga balapan tersisa, ia terkaget-kaget dengan rivalnya, Francesco Bagnaia. Bagnaia berhasil merebut keunggulan 50 poin plus dan menipiskan poin di klasemen menjadi hanya 26 berkat kemenangan di Portimao dan Valencia.

Persaingan ketat itu membantu seri ini menjadi kejuaraan balap paling populer ketiga di tahun 2021. Itu dinilai dari jumlah penayangan dan kegembiraan yang belum pernah terjadi sebelumnya.

Belum lagi seri ini mampu menonjol berkat adanya identitas merek yang diperbarui untuk musim depan. Selain itu, logo baru juga telah diperkenalkan oleh sebagian pejabat WorldSBK menuju tampilan yang lebih modern. 

"Penyegaran Identitas Merek kami berarti langkah lebih jauh menuju waktu yang akan datang, bersama dengan para penggemar kami, sambil mempertahankan Citra Merek tradisional kami yang terbuat dari semangat, energi, dan spontanitas,” ucap Kepala Komersial & Pemasaran WorldSBK Francesco Valentino dikutip laman Crash.

Foto/WorldSBK

"Penyegaran merek adalah upaya besar dan kami senang telah mencapai tujuan kami: kebutuhan akan bahasa visual yang konsisten dan koheren untuk semua saluran tempat merek kami hadir sudah jelas,” lanjutnya.

"Evolusi logo dan Identitas Merek kami secara keseluruhan tetap sesuai dengan nilai-nilai inti kami sambil mengasimilasi cara penggemar kami berinteraksi dengan WSBK, menontonnya di TV, memainkannya sebagai videogame atau menikmatinya di media sosial. Lebih dari sebelumnya, kami membuatnya menarik,” tutupnya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini