Panjang Lapangan Bola Basket Mini dan Penjelasannya

Andika Pratama, Jurnalis · Senin 18 Oktober 2021 16:21 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 18 36 2488111 panjang-lapangan-bola-basket-mini-dan-penjelasannya-acLoM2nQMh.jpg Ini panjang lapangan bola basket mini dan penjelasannya (Foto: Istimewa)

PANJANG lapangan bola basket mini dan Penjelasannya bisa Anda ketahui di dalam artikel ini. Meski sama-sama dalam satu cabang olahraga (cabor), yaitu bola basket, ternyata ada perbedaan dalam ukuran lapangan bola basket mini dengan yang biasa.

Pertama, mari pahami dulu apa permainan bola basket mini. Menurut buku panduan World Association of Basketball Coach (WABC) di laman resmi FIBA, permainan basket mini secara umum adalah variasi dari permainan bola basket yang ditujukan untuk anak-anak.

Panjang lapangan bola basket mini (Foto: Istimewa)

(Permainan bola basket mini ditujukan untuk anak-anak, foto: Istimewa)

Dalam permainan bola basket mini terdapat tiga ketegori yang berdasarkan umur, yaitu 5-7 tahun, 8-9 tahun, dan 10-12 tahun. Dapat dipahami dari penjelasan singkat itu, bahwa permainan bola basket mini bertujuan untuk menimbulkan rasa suka anak-anak terhadap olahraga ini.

BACA JUGA: Mengenal Teknik Menembak Sambil Melayang dalam Permainan Bola Basket

Karena diterapkan untuk anak-anak, berbagai hal tekait permainan bola basket mini tentu berbeda dari yang biasa. Untuk aturan, permainan bola basket mini menarapkannya secara bertahap sesuai tiga kategori umur.

Sementara itu, ukuran lapangan pun disesuaikan dengan tubuh anak-anak yang masih dalam masa pertumbuhan. Panjang lapangan bola basket mini adalah 18 meter dengan lebar 9 meter.

Ukuran itu tentu jauh lebih kecil dari lapangan bola basket pada umumnya. Ukuran lapangan bola basket sesuai standar FIBA adalah panjang 28 meter dan lebar 15 meter.

Sementara di NBA, ukuran lapangannya adalah panjang 18,7 meter dan lebar 15,2 meter. Keranjang basket memiliki panjang 0,40 meter. Lalu, jarak tiang penyangga sampai ke garis akhir adalah 1 meter. Secara sederhana, Anda telah mengetahui perbedaan ukuran lapangan bola basket umum dengan yang mini.

Panjang lapangan bola basket mini (Foto: Istimewa)

(Permainan bola basket mini punya perbedaan dari yang biasa, foto: Istimewa)

Namun, sebelum bisa bermain di lapangan bola basket umum, anak-anak bisa mencoba permainan bola basket mini lebih dulu. Sebab, itu bisa membangun rasa suka terhadap olahraga ini sehingga timbul keinginan menggelutinya secara mendalam.

Dengan demikian, Indonesia bisa memiliki talenta-talenta muda basket di masa depan. Hal ini amat bagus mengingat basket bukan olahraga yang populer di Indonesia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini