Share

Mengapa Tinggi Net Bola Voli Putra dan Putri Berbeda? Ini Penjelasannya

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 04 Oktober 2021 18:27 WIB
https: img.okezone.com content 2021 10 04 43 2481166 mengapa-tinggi-net-bola-voli-putra-dan-putri-berbeda-ini-penjelasannya-qh0I7CPEdT.jpg Mengapa tinggi net bola voli putra dan putri berbeda? (Foto: Instagram/@altynbekova_20)

MENGAPA tinggi net bola voli putra dan putri berbeda? Hal ini tentunya menarik untuk dikulik agar bisa memahami lebih mendalam soal olahraga voli.

Voli sendiri memang sudah menjadi salah satu cabang olahraga favorit di Indonesia dan dunia. Alhasil, pertandingan-pertandingan voli yang digelar kerap kali disaksikan banyak sekali penonton.

BACA JUGA: Ukuran Lapangan Bola Voli Berdasarkan Standar Nasional dan Internasional

Karena itu, penting memahami serba-serbi soal olahraga voli. Salah satunya adalah soal ukuran net. Apalagi, ada perbedaan ukuran tinggi net bola voli untuk pertandingan putra dan putri. Apa penyebabnya? Mari menilik lebih jauh.

BACA JUGA: 10 Teknik Bola Voli untuk Pemula

Tinggi Net Bola Voli Putra dan Putri

Untuk pertandingan resmi, tinggi net bola voli putra adalah 2,43 meter. Sementara itu, tinggi net bola voli putri adalah 2,24 meter.

Mengapa tinggi net bola voli putra dan putri berbeda

(Pertandingan voli putri)

Dengan begitu, ada perbedaan tinggi sebesar 19 sentimeter untuk net bola voli putra dan putri. Dalam olahraga voli sendiri, perbedaan antara pertandingan putra dan putri ini sendiri hanya terletak pada ukuran net saja. Di luar itu, tak ada perbedaan.

Penyebab Perbedaan Tinggi Net Bola Voli Putra dan Putri

Usai mengetahui adanya perbedaan tinggi net bola voli putra dan putri ini, sebuah pertanyaan pasti muncul terkait alasan dan penyebabnya. Mari menilik soal penyebabnya itu lebih dalam lagi.

Sebagaimana diwartakan Volley Country, perbedaan ini terjadi karena perbedaan fisik dari putra dan putri. Dengan variasi permainan, tinggi net bola voli berkembang dan berubah untuk memberikan daya saing. Fisik pun dibutuhkan untuk setiap versi permainan.

Dewasa ini, pertandingan voli putri memang kerap diisi oleh pemain dengan berpostur badan tinggi. Tapi bagaimanapun juga, tinggi badan putri lebih kecil daripada putra.

Mengapa tinggi net bola voli putra dan putri berbeda

(Para pevoli putra tengah bertanding)

Kebanyakan pemain bola voli putri memiliki tinggi dari 165 sentimeter ke atas. Jadi, jika putri memiliki tinggi net yang sama dengan putra, itu akan sangat merugikan mereka.

Pertandingan dikhawatirkan tidak akan banyak menampilkan serangan. Itu akan lebih merupakan lob melewati jaring tinggi ke sisi lain. Kemampuan melompat perempuan lebih rendah, pemain bola voli papan atas memiliki jangkauan 310-320 sentimeter dalam lompatan. Itu sebabnya tinggi bersih net putri lebih rendah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini