Hiroyuki Endo Pensiun, Begini Reaksi Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Minggu 26 September 2021 19:49 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 26 40 2477149 hiroyuki-endo-pensiun-begini-reaksi-marcus-fernaldi-gideon-kevin-sanjaya-sukamuljo-4NKK3vVQUL.jpg Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo saat beraksi di lapangan. (Foto: PBSI)

JAKARTA – Keputusan pebulu tangkis spesialis ganda putra Jepang, Hiroyuki Endo, pensiun turut dikomentari oleh wakil Indonesia, Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo. Pasangan ganda putra peringkat satu dunia itu pun tampak belum rela melihat Hiroyuki Endo gantung raket.

Kabar mengejutkan atas pensiunnya Endo diterima publik dunia pada awal September 2021. Keputusan pensiunnya pun diikuti dua pebulu tangkis lain dari Jepang, yakni Keigo Sonoda dan Takeshi Kamura.

Hiroyuki Endo (kanan). Foto: Twitter All England

Sebagaimana diketahui, ketiga nama ini merupakan andalan tim nasional bulu tangkis Jepang di sektor ganda putra. Tak jarang, mereka menjadi tumpuan Jepang untuk menjuarai ajang-ajang bergengsi.

Bahkan khususnya Endo, sepanjang 13 tahun kariernya, dia selalu tampil perkasa jika melawan Indonesia. Ia bersama pasangannya, Yuta Watanabe, selalu jadi momok untuk The Minions – julukan Marcus/Kevin.

BACA JUGA: Lepas Rindu, Tim Bulu Tangkis Indonesia Santap Makanan Tanah Air di Finlandia

Katakanlah dalam lima pertemuan terakhir sejak Kejuaraan Bulu Tangkis Asia 2019, Endo/Watanabe selalu menang. Kemudian, hal yang sama di ajang-ajang berikutnya seperti Thailand Open 2019, Hong Kong Open 2019, BWF World Tour Finals 2019, dan All England 2020.

Atas hal ini, Marcus dan Kevin menyayangkan kesempatan yang sudah sirna untuk balas dendam kepada pasangan Endo/Watanabe. Endo memilih pensiun dari dunia bulu tangkis di usia 34 tahun.

BACA JUGA: Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo Tampil Berbeda di Olimpiade Tokyo 2020 Lalu, Ini Alasannya

“Ya pasti belum pernah revans ya, jadi kurang gitu saya kan ingin revans. Tapi, itu kan juga keputusan dia dan ini yang terbaik aja buat mereka,” ucap Marcus, di konten #TektokanAlaButet di akun Youtube PB Djarum, Minggu (26/9/2021).

“Ya pastinya kayak ngerasa kehilangan juga. Kehilangan salah satu saingan kita. Jadi, satu lagi enggak bisa revans sama Endo sih sayangnya,” lanjut Kevin di kesempatan yang sama.

Marcus/Kevin pun kemudian memaparkan kesannya selama melawan Endo di ajang internasional. Mereka kompak mengatakan bahwa mantan lawannya tersebut memiliki pengalaman yang baik.

“Dia punya pengalaman yang baik, dia punya defense yang baik sih, dia tenang juga,” kata Kevin.

Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya Sukamuljo

“Endo orangnya defense-nya bagus ya, mainnya rapat, engga gampang mati sendiri, bagus mainnya,” lanjut Marcus.

Kini, Marcus/Kevin sendiri tengah berfokus membela Indonesia dalam ajang beregu, Piala Sudirman 2021. Laga perdana Indonesia di ajang ini akan segera dimulai dengan melawan Rusia.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini