Cara Jadi Pembalap MotoGP

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Kamis 23 September 2021 13:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 23 38 2475735 cara-jadi-pembalap-motogp-NDRgbhnr8J.jpg Cara jadi pembalap MotoGP seperti Marc Marquez bisa dimuali sejak usia belia. (Foto/MotoGP)

CARA jadi pembalap MotoGP perlu diketahui para rider yang berlaga Moto2 hingga Moto3. Pasalnya, berlaga di kelas tertinggi dunia balap motor tersebut menjadi impian bagi para pembalap.

Ketika seorang pembalap sudah menginjakkan kaki berada di MotoGP akan dibayangi mimpi indah di kemudian hari. Bisa saja mereka bisa jadi pengendara paling dikenal di planet ini. Lantas bagaimana cara untuk menuju ke titik itu?

Baca juga: Harga Motor MotoGP Bisa Capai Puluhan Miliar, Mau Beli?

Orang banyak yang berpikir bahwa uang menjadi penentu segalanya. Namun, hal itu percuma bila tidak diiringi keterampilan, atletis, dan kecerdasan. Semua itu akan dapat diraih bila dia mau berjuang sejak dini.

Foto/MotoGP

Dikutip dari laman Box Repsol, untuk seseorang ingin mencapai level tertinggi, idealnya dia harus mulai berlatih sejak masih anak-anak setidaknya berusia 10 tahun. Pasalnya, dari situ bakat akan sedikit-sedikit terasah.

Mulai dari Bawah

Idealnya, Anda harus memulai balapan lokal atau regional skala kecil di mana lisensi federal dapat diperoleh sejak usia enam tahun di Spanyol. Bagaimanapun, federasi masing-masing komunitas dapat memberi Anda semua informasi mengenai lisensi, acara, persyaratan, dan peraturan.

Baca juga: Melaju 300 km/jam Lebih, Ini Teknik Pengereman MotoGP

Anda dapat mencoba untuk mendapatkan beberapa jenis sponsor, dari perusahaan lokal, bengkel, toko suku cadang, dll., tetapi Anda harus memiliki sejumlah besar tabungan untuk menghadapi tahun pertama kompetisi.

Biaya pembelian sepeda kompetisi bisa sangat tinggi, seperti halnya biaya perawatan. Pilihan terbaik adalah mengunjungi salah satu sirkuit atau toko khusus dan meminta perkiraan.

Kemudian jaga sikap ketika mulai berkompetisi, kebersihan, kontrol, dan perilaku yang Anda tunjukkan selama kompetisi dapat menguntungkan Anda. Adalah normal untuk merasa gugup, marah, atau kecewa selama kompetisi tapi harus bisa dikontrol. Hal ini sangat penting dengan pengendara yang sangat muda.

Jalan Menuju Kompetisi Teratas

Setelah mengambil langkah pertama dan mengalami kompetisi untuk sementara waktu, saatnya untuk meninjau dan mengevaluasi langkah-langkah berikut yang harus diambil.

Foto/MotoGP

Jika memungkinkan untuk melangkah lebih jauh, Anda harus naik ke level berikutnya. Acara regional FIM CEV Repsol hingga European Talent Cup sangat ideal untuk Anda yang berada di usia 12 – 17 tahun. Lebih dari 70% pembalap yang berhasil mencapai kejuaraan dunia telah melewatinya.

Dari sana, Anda dapat naik ke kategori Moto3 dan Moto2. Biayanya akan lebih tinggi, tetapi kemungkinan mencapai kejuaraan dunia meningkat. Di titik ini segala detail mulai dari fisik, mental, hingga teknik balapan sangat penting karena mulai disaksikan jutaan pasang mata.

Mungkin butuh waktu bertahun-tahun berada di level ini untuk mengasah kemampuan. Sampai akhirnya Anda tampil apik secara konsisten, bukan tidak mungkin dapat promosi ke level teratas. Bahkan bisa saja tanpa menghabiskan banyak uang.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini