Harga Motor MotoGP Bisa Capai Puluhan Miliar, Mau Beli?

Cikal Bintang, Jurnalis · Rabu 22 September 2021 14:46 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 22 38 2475241 harga-motor-motogp-bisa-capai-puluhan-miliar-mau-beli-ntjsf3c8Gq.jpg Harga motor MotoGP sangatlah mahal (Foto: MotoGP)

HARGA motor MotoGP sangatlah mahal karena langka dan dibuat dengan tujuan tertentu, yaitu balapan. Melansir dari Sportskeeda, Rabu (22/9/2021), harga satu unit motor MotoGP kurang lebih menyentuh USD3-3,5 juta  atau sekira Rp42-49 miliar.

Motor MotoGP amat mahal karena komponen di dalamnya spesial. Melansir Box Repsol, Rabu (22/9/2021), jika diuraikan, mulai dari dapur pacu hingga kaki-kaki, harga motor tersebut tentu masuk di akal.

Dapur Pacu/Mesin

Harga motor MotoGP

(Marc Marquez bersiap untuk balapan, Foto: MotoGP)

Pada bagian dapur pacu, harga mesin motor MotoGP kelas atas biasanya berkisar 250 ribu euro atau sekira Rp4,1 miliar. Hal ini belum termasuk dengan biaya perbaikan jika ada kerusakan pada mesinnya.

Sementara, komponen elektronik yang menunjang kinerja mesin seperti sensor, kabel, dan panelnya bisa mencapai 100 ribu euro atau sekira dengan Rp1,6 miliar. Laporan Box Repsol menyebutkan, tidak ada komponen yang harganya dibawah seribu euro.

Kaki-Kaki

Harga motor MotoGP

(Marc Marquez menyentuh garis finis, Foto: MotoGP)

Pada bagian kaki-kaki, motor MotoGP biasanya sudah menggunakan standar yang sudah ditentukan oleh Federasi Motor Internasional (FIM). Misalnya, pada bagian rem yang bisa tembus di angka 70 ribu euro atau setara dengan Rp1,1 miliar, dan tentu saja harga ini belum termasuk dengan pajak.

Harga rem tersebut sudah sepaket dengan tiga pasang kaliper, tiga silinder, 10 cakram karbon dan 28 bantalan yang akan menunjang kaki-kaki motor MotoGP. Selain itu, ini belum termasuk jika sebuah tim membutuhkan lebih banyak bagian kaki-kaki untuk menjalani musim yang panjang dan memperbaiki jika ada kerusakan.

Sementara itu, pada bagian bannya terhitung paling mahal. Dalam setiap pekan saja, pabrikan penyuplai ban MotoGP, Michelin bisa menghabiskan dana sebesar 1,2 juta euro atau kurang lebih Rp20 miliar untuk menyuplai ban pada saat balapan berlangsung.

Lalu, bagian velgnya sudah ditentukan sesuai standar dari FIM. Velg motor MotoGP biasanya menggunakan magnesium yang tentu saja mempunyai harga tinggi. Satu velg saja berharga sekitar 4000 euro atau kurang lebih Rp66 juta.

Biaya Lainnya

Harga motor MotoGP

(Marc Marquez tengah beraksi, Foto: MotoGP)

Angka hampir Rp50 miliar untuk sebuah motor MotoGP bukan isapan jempol belaka. Pasalnya, motor MotoGP juga membutuhkan perawatan dan biaya perjalanan sebelum mencapai lintasan balap sebelum beradu cepat.

Biaya perjalanan biasanya akan mencapai 700 ribu euro atau setara dengan Rp11,7 miliar untuk membiayai semua staff yang biasanya terdiri dari 30 orang. Belum lagi ada biaya transportasi dan lainnya yang jika ditotal mencapai 2 juta euro atau sekitar Rp33 miliar.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini