Macam-Macam Tendangan dalam Pencak Silat

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Senin 13 September 2021 16:26 WIB
https: img.okezone.com content 2021 09 13 43 2470639 macam-macam-tendangan-dalam-pencak-silat-YystnTGmtF.jpg Macam-macam tendangan dalam pencak silat. (Foto/INASGOC)

MACAM-macam tendangan dalam pencak silat memiliki beberapa teknik saat melakukannya. Setidaknya ada lima dasar tendangan yang dilakukan dalam olahraga pencak silat.

Pencak Silat dikenal sebagai jenis seni bela diri yang diwariskan dari generasi ke generasi di Indonesia. Istilah pencak silat adalah penggabungan dua kata, yakni pencak dan silat. Istilah pencak lebih dikenal di Jawa, sedangkan di Sumaterda lebih dikenal dengan silat.

Dalam prakteknya, silat masing-masing memiliki kekhasan dari segi gerak, musik pengiring, dan peralatan pendukung. Salah satu gerakannya adalah tendangan. Berikut lima macam tendangan dalam pencak silat:

5. Tendangan Lurus

Tendangan ini menyasar bagian depan lawan dengan menggunakan ujung kaki. Oleh karena itu, tendangan lurus disebut juga dengan tendangan depan. Tendangan dilakukan dengan kekuatan penuh dengan mengincar perut lawan.

Baca juga: Macam-Macam Beladiri dan Penjelasannya

Tendangan lurus dilakukan dengan posisi tubuh sejajar dan menghadap lawan. Kemudian salah satu kaki ditendang ke depan dan hentakkan kaki sejajar dengan bahu. Kedua tangan berada di depan dada sebagai penyeimbang.

MACAM-macam tendangan dalam pencak silat

(Macam-macam tendangan dalam pencak silat)

4. Tendangan Sabit

Seperti namanya, tendangan ini membentuk lintasan seperti sabit. Nama lain dari tendangan ini adalah tendangan melingkar. Target tendangan sabit adalah perut lawan.

Baca juga: 8 Teknik Dasar Pencak Silat, Apa Saja?

Tendangan sabit dilakukan dengan sikap kaki kuda-kuda kiri. Kemudian kaki kanan ditendang ke depan dengan menghentakkan punggung kaki. Kedua tangan berada di depan dada sebagai penyeimbang.

3. Tendangan “T”

Tendangan T memerlukan kekuatan paha dan betis saat melakukannya. Bagian kaki yang digunakan untuk menyerang yaitu bagian tumit dan telapak kaki.

MACAM-macam tendangan dalam pencak silat

(Pertandingan pencak silat selalu menarik untuk dinantikan)

Tendangan T adalah jenis tendangan yang posisi tubuhnya menyamping. Ada variasi saat melakukan tendangan T, yakni T gantung, T jepret, dan T lompat. Target sasaran tendangan T adalah seluruh tubuh lawan.

2. Tendangan Jejag

Tendangan jejag juga dikenal dengan tendangan gejos. Tendangan ini dilakukan dengan dengan cara mengangkat lutut setinggi mungkin kemudian mendorong tungkai ke arah sasaran.

Tendangan jejag dilakukan dengan berdiri dengan salah satu kaki yang dijadikan tumpuan. Kaki kemudian diangkat setinggi mungkin dengan lutut ditekuk. Selanjutnya tendang kaki yang diangkat untuk menyerang lawan.

MACAM-macam tendangan dalam pencak silat

(Laga seru di cabang olahraga pencak silat)

1. Tendangan Belakang

Tendangan ini dilakukan dengan menggunakan sebelah kaki dan tungkai. Saat melakukan tendangan belakang, lintasannya harus lurus ke belakang tubuh dan membelakangi lawan.

Tendangan ini bisa dilakukan dengan atau tanpa melihat sasaran. Sasarannya, yaitu seluruh bagian tubuh.

Saat melakukan tendangan belakang, sikap kuda-kuda depan harus kuat. Kemudian, melangkah dengan salah satu kaki, dan putar tubuh 180 derajat. Tubuh dibungkukkan dan tumpukkan kedua tangan dilantai selebar bahu. Tendangkan kaki ke belakang dengan bagian tumit atau telapak kaki dengan sasaran yang dituju. (Fzy)

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini