8 Teknik Dasar Pencak Silat, Apa Saja?

Djanti Virantika, Jurnalis · Selasa 02 Februari 2021 16:18 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 02 43 2355205 8-teknik-dasar-pencak-silat-apa-saja-iZ9ntpxYOs.jpg Pesilat Indonesia, Sugianto, saat tampil di Asian Games 2018. (Foto: Okezone/Bagas Abdiel)

TEKNIK dasar pencak silat menjadi hal utama yang harus dipahami semua insan yang berniat terjun ke cabang olahraga ini. Sebab, setelah memahami dengan baik teknik dasar pencak silat, olahraga ini bisa dimainkan dengan baik.

Setidaknya, ada delapan teknik dasar pencak silat yang wajib dipahami. Pertama adalah teknik kuda-kuda. Teknik yang berpusat pada posisi kaki saat menapak tanah ini menjadi teknik dasar dalam olahraga ini.

Teknik kuda-kuda berfungsi menjaga keseimbangan saat menyerang maupun bertahan dari serangan lawan. Jenis dalam teknik ini pun beragam, mulai dari kuda-kuda depan, tengah, belakang, samping, silang, serta mix seperti teknik kuda-kuda depan-belakang.

Pencak silat

Kedua, ada teknik sikap pasang. Tekni ini juga menjadi dasar dalam olahraga pencak silat. Teknik sikap pasang dilakukan dengan mengombinasikan teknik kuda-kuda. Fungsi dari teknik ini adalah membuat seseorang cepat beradaptasi dengan situasi yang akan dihadapi saat bertahan atau menyerang.

BACA JUGA: Ada Menteri KKP Edhy Prabowo di Balik 14 Medali Emas Indonesia di Asian Games 2018

Ketiga, teknik arah. Teknik ini juga sebagai delapan penjuru mata angin karena berhubungan dengan arah seorang pendekar pencak silat melangkah untuk bertahan ataupun menyerang.

BACA JUGA: Mengenal Bela Diri Tradisional Indonesia, Ada yang Sudah Mendunia

Keempat, ada teknik pola langkah. Teknik ini diterapkan lewat gerakan kaki yang terpola secara taktis. Fungsinya adalah mendapatkan posisi yang menguntungkan saat berhadapan dengan lawan. Ada beberapa jenis dalam teknik ini, seperti pola langkah lurus, zig-zag, langkah U dan S, serta segitiga dan segi empat.

Kelima, teknik tendangan. Dalam pencak silat, seseorang tidak hanya melakukan gerakan dengan tulang kering dan telapak kaki, tetapi juga lutut. Teknik ini pun turut menerapkan hal itu. Jenis-jenis dalam teknik tendangan pun beragam, ada tendangan lurus, sabit, tendangan T, dan tendangan belakang.

Keenam, teknik pukulan. Teknik ini memiliki empat jenis, yakni pukulan lurus, tegal, bandul, dan melingkar. Teknik pukulan ini bisa diterapkan untuk menyerang ataupun bertahan.

Pencak silat

Ketujuh, teknik tangkisan. Teknik ini juga menjadi dasar di olahraga pencak silat, Ada tiga macam jenis dalam teknik tangkisan, seperti tangkisan luar, atas, dan bawah.

Terakhir atau yang kedelapan adalah teknik guntingan. Teknik ini dilakukan untuk menjatuhkan atau merobohkan lawan dengan menjepit kaki lawan dengan kedua kaki. Ada beberapa jenis dalam teknik guntingan, yakni gunting depan, samping, belakang, dan atas.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini