3 Cara Obati Sakit Setelah Olahraga, Wajib Dicoba!

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 06 Juli 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 06 43 2436057 3-cara-obati-sakit-setelah-olahraga-wajib-dicoba-n86kTEjzGz.jpg Sakit setelah olahraga (Foto: Shutterstock)

SAKIT setelah olahraga merupakan hal yang lumrah. Kali ini, Okezone akan membahas bagaimana cara mengobati sakit setelah olahraga. Rasa sakit pada otot setelah olahraga terjadi karena berbagai alasan, seperti sudah lama tidak berolahraga, tidak atau kurang melakukan pemanasan, dan terlalu memaksakan diri.

Jika rasa sakit pada otot makin memburuk, kemungkinkan Anda mengalami delayed onset muscle soreness (DOMS) dan ini merupakan hal normal. Akan tetapi, beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rasa sakit itu. Berikut tiga cara untuk mengatasi rasa sakit setelah olahraga.

BACA JUGA: 5 Tips Olahraga saat Pandemi

3. Banyak Minum Air Putih

Sakit setelah olahraga

(Ilustrasi air mineral, foto: Istimewa)

Rasa sakit setelah olahraga menandakan tubuh Anda kekurangan cairan. Oleh sebab itu, Anda sebaiknya meningkatkan konsumsi air putih untuk memulihkan fisik Anda.

Jika cairan di tubuh Anda cukup, itu juga akan memudahkan Anda untuk tertidur. Tidur nyenyak, yang cukup dengan durasi 7-8 jam, akan membantu untuk menghilangkan rasa sakit setelah berolarhaga.

2. Mandi Air Hangat

Sakit setelah olahraga

(Berendam di air hangat, foto: Istimewa)

Saat tubuh Anda terasa sakit usai berolahraga, mandilah dengan air hangat. Sebab, air hangat akan merelaksasikan otot-otot Anda.

Selain itu, air hangat dapat melancarkan aliran darah dan mengurangi ketegangan otot sehingga rasa nyeri akan berkurang. Air hangat juga akan menguatkan otot Anda dengan proses yang membuat tubuh nyaman.

1. Pijat

Sakit setelah olahraga

(Wanita sedang menerima pijatan di punggungnya, foto: Istimewa)

Pijatan juga bisa menjadi solusi bagi Anda yang merasakan sakit setelah berolahraga. Akan tetapi, tidak semua teknik pijat bisa diterapkan dalam kondisi ini.

Pilih teknik pijat dengan tekanan ringan dalam kondisi ini, seperti swedish massage. Anda juga dianjurkan menjalani akupunktur dengan terapis ahli untuk menangani rasa sakti pada otot tertentu.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini