5 Tips Olahraga saat Pandemi

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 06 Juli 2021 06:20 WIB
https: img.okezone.com content 2021 07 06 43 2436050 5-tips-olahraga-saat-pandemi-AC4xC509mG.jpg Tips olahraga saat pandemi (Foto: Shutterstock)

LIMA tips olahraga saat pandemi yang bisa Anda lakukan saat pusat kebugaran tutup dalam masa pandemi Covid-19. Berolahraga penting dalam masa pandemi karena itu merupakan salah satu cara untuk menjaga kesehatan fisik dan mental Anda.

Meski pusat kebugaran tutup, Anda tetap harus berolahraga di mana pun. Berikut lima tips olahraga saat pandemi, dilansir dari Gomberamd, Selasa (6/7/2021).

BACA JUGA: Sederet Peraturan dalam Permainan Baseball

5. Olahraga di Luar Rumah

Tips olahraga saat pandemi

(Pria jogging seorang diri, foto: Istimewa)

Anda bisa olahraga di luar rumah sambil menikmati udara segara. Olahraga di luar rumah dapat dilakukan dalam pandemi asalkan Anda tidak berkerumun dan pergi ke tempat yang terlalu ramai.

Pilihan olahraga di luar rumah ada banyak, seperti berlari, berjalan kaki, dan bersepeda. Anda bisa memilih salah satu di antara olahraga itu. Anda mesti melakukan setiap olahraga itu dengan benar dan sesuaikan dengan kondisi tubuh untuk meminimalkan risiko cedera.

4. Olahraga Virtual

Tips olahraga saat pandemi

(Wanita sedang melakukan yoga, foto: Istimewa)

Olahraga virtual menjadi salah satu tren yang berkembang saat pandemi. Banyak orang memilih berolahraga di rumah dengan menggunakan layanan video latihan daring.

Anda bisa menemukan satu olahraga yang sesuai dengan preferensi latihan Anda. Yoga, Pilates, dan cardio kickboxing adalah beberapa olahraga yang kerap dipilih ketika olahraga virtual.

3. Partisipasi dalam Kelas Daring

Tips olahraga saat pandemi

(Wanita sedang kelas daring yoga, foto: Istimewa)

Poin ketiga terkait dengan olahraga virtual, yaitu mengikuti kelas daring. Anda bisa mengikuti kelas daring olahraga yang Anda sukai. Akan tetapi, Anda harus berhati-hati untuk meminimalkan cedera.

Pilih kelas daring yang sesuai dengan pengalaman dan fisik Anda. Sebab, instruktur hanya bisa menunjukkan gerakan dari video dan tidak bisa mengoreksi gerakan Anda secara langsung. Jika memungkinkan, ikutilah kelas daring privat sehingga instruktur fokus kepada Anda.

2. Cari Inspirasi Olahraga di Media Sosial

Tips olahraga saat pandemi

(Pria melakukan pemanasan, foto: Active)

Poin kedua dalam daftar ini pun terkait dengan olahraga virtual, yaitu mencari inspirasi kebugaran di media sosial yang sesuai dengan keadaan Anda. Sebab, tidak semua orang memiliki alat dan ruang untuk mengikuti olahraga virtual dalam layanan video berbayar atau kelas daring.

Jika Anda hanya punya beberapa dumbbell, carilah video di media sosial yang bisa menunjang Anda untuk tetap berolahraga dengan peralatan itu. Intinya, memanfaatkan apa yang Anda punya untuk berolahraga. Dengan bantuan video dari media sosial, Anda bisa menggunakan peralatan sederhana untuk tetap bugar dan sehat.

1. Pasang Target

Tips olahraga saat pandemi

(Perut six pack, foto: Istimewa)

Olahraga butuh konsistensi untuk mendapatkan hasil maksimal. Agar konsisten berolahraga, Anda harus memasang target yang mesti dicapai dalam kurun waktu tertentu. Target juga membuat Anda tetap termotivasi dalam berolahraga.

Mulailah olahraga Anda dengan menetapkan target, lalu buat rencana untuk mencapainya. Rencana sangat penting karena Anda bisa cedera jika berlatih berlebihan untuk mencapai target. Agar target tercapai, Anda harus konsisten menjalani rencana yang dibuat sesuai dengan kondisi fisik Anda.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini