Sederet Peraturan dalam Permainan Baseball

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 29 Juni 2021 13:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 29 43 2432583 sederet-peraturan-dalam-permainan-baseball-9jX1Pl4GNb.jpg Atlet baseball menangkap bola (Foto: Reuters)

PERATURAN dalam permainan baseball bisa Anda ketahui di artikel ini. Baseball adalah olahraga bola kecil beregu yang cukup terkenal di Amerika Serikat (AS).

Olahraga ini kalah populer dari sepakbola di Indonesia, tetapi tetap ada orang-orang yang memilih baseball sebagai favorit. Berikut sederet peraturan dasar dalam permainan baseball.

4. Lapangan Baseball

Peraturan dalam permainan baseball

(Lapangan baseball Foto: How They Play)

Lapangan baseball berbentuk seperempat lingarakan dengan rincian, jarak home base ke pitcher plate sepanjang 18,45 m, jarak tiap-tiap base adalah 27,45 m, dan pitcher plate berukuran 60 x 15 cm.

BACA JUGA: 5 Manfaat Baseball untuk Anak-Anak

Lapangan baseball terbagi menjadi dua bagian, yaitu bagian tengah dan luar lapangan. Di bagian tengah terdapat empat home plate. Sebaiknya, setiap base diberikan garis dasar yang menjadi penanda.

BACA JUGA: 5 Manfaat Baseball untuk Anak-Anak

3. Kayu Pemukul dan Bola Baseball

Peraturan dalam permainan baseball

(Atlet baseball memukul bola Foto: Reuters)

Setiap pemain berkesempatan untuk menjadi pemukul. Untuk memukul, para pemain menggunakan kayu pemukul yang memiliki panjang 1,06 m, penampang bergaris tengah 7 cm, dan pembungkus pegangan 46 cm. Lalu bolanya berukuran berat 145 gr dan keliling 23 cm.

2. Jumlah Babak dalam Permainan Baseball

Peraturan dalam permainan baseball

(Atlet baseball melempar bola Foto: Reuters)

Permainan baseball dimainkan dalam sembilan babak. Pemenang permainan ditentukan berdasarkan jumlah pemain yang bisa memukul dan berlari hingga kembali ke homebase. Jika kedudukan imbang, akan diadakan babak tambahan untuk menentukan pemenang.

1. Jumlah Pemain dan Cara Main Baseball

Peraturan dalam permainan baseball

(Tim baseball bersiap untuk bertanding Foto: Reuters)

Permainan baseball dimainkan oleh dua regu, yaitu pemukul dan penjaga. Setiap regu berisikan sembilan pemain. Tuan rumah biasanya menjadi regu penjaga pada awal permainan. Nantinya, regu penjaga juga akan menjadi regu pemukul.

Regu penjaga berusaha untuk mematikan para pemain regu pemukul akan tidak kembali ke home base. Sementara itu, regu pemukul berusaha mendapatkan poin dengan cara mengirimkan pemain mereka ke home base setelah sukses memukul bola.

Pemain di regu penjaga akan menjadi pelempar bola, penangkap bola, penjaga base pertama, penjaga base kedua, penjaga base ketiga, penjaga lapangan dengan antara base 1 dan base 3, penjaga lapangan sebelah kiri, penjaga lapangan tengah, dan penjaga lapangan sebelah kanan.

Sementara itu, setiap pemain di regu penyerang secara bergantian akan memukul bola. Setiap pemukul mendapatkan tiga kesempatan untuk memukul bola. Pergantian pemukul tidak dapat dilakukan kecuali ada izin dari wasit. Jika direstui, pemukul itu pun tetap tampil sesuai urutan.

Jika seorang pemukul bisa memukul bola, mereka harus berusaha lari secepat mungkin menuju base pertama dan menyentuhnya dengan salah satu bagian tubuh mereka. Sekadar informasi, pemukul yang bisa memukul bola disebut base runner. Setelah itu, pemain lain akan masuk untuk menjadi pemukul berikutnya.

Namun, jika bola tertangkap oleh tim bertahan, pemain itu dianggap gugur. Pada saat bersamaan, para base runner lain harus segera kembali ke base semula agar tidak gugur juga. Oleh sebab itu, setiap pemukul harus berusaha untuk memukul bola sejauh mungkin sehingga setiap base runner punya kesempatan untuk berlari ke setiap base hingga mendapatkan poin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini