Alber Januarta, Pebiliar Belia Kaya Prestasi dari Kepulauan Riau

Ezha Herdanu, Jurnalis · Rabu 23 Juni 2021 18:14 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 23 43 2429885 alber-januarta-pebiliar-belia-kaya-prestasi-dari-kepulauan-riau-Me5LxRs9Q9.jpg Albert Januarta (Foto: MNC Media)

ALBERT Januarta masih muda. Usianya baru 12 tahun. Atlet biliar belia ini lahir di Tanjung Uban Kepulauan Riau pada 1 Januari 2009. Ia baru lulus dari sekolah dasar. Mulai belajar bermain biliar sekitar 2 tahun lalu, tetapi kiprahnya mulai dilirik banyak pihak. Ia dinilai sebagai pemain muda yang berbakat dan berpeluang menjadi andalan di masa depan.

Albert kembali menyita perhatian pemerhati olahraga biliar nasional ketika ia merebut gelar juara 3 pada turnamen Handicap 5+ di Yogyakarta pada Juni 2021. Ini bukan prestasi satu-satunya. Berikut ini rangkaian prestasi Alber Januarta:

• Juara Open Handicap di Tanjung Pinang 8 November 2020

• Bali Open : 32 besar 6-17 Desember 2020.

• Rama Billiard Jogja Open : 16 besar 17-27 Maret 2021.

• RK 87 Open di Padang : 8 besar 26-30 Januari 2021.

• Pocket Pool Open Pekanbaru : 32 besar 10-17 Januari 2021.

• Semifinalis pertandingan double di Kingdom Semarang 26 - 30 Mei 2021

• Runner up pertandingan handicap di Galaxy Surabaya 2 Juni 2021

• Juara 3 9 ball handicap Bandung Open 1 - 13 Juni 2021

• Juara 3 Handicap 5+ Rama Jogja 8-18 Juni 2021.

Albert yang lahir di tengah keluarga pebiliar ini mulai mengenal biliar sejak berusia 10 tahun. Ia pertama kali mengenal biliar dari ayahnya, Ahuat yang kemudian menjadi pelatihnya. Sehari-hari Albert berlatih di rumah biliar OBC Pool di Bintan Utara Kepulauan Riau yang menjadi tempat usaha dari orang tuanya.

Ahuat adalah atlet biliar dari Kepulauan Riau. Ia selalu memberi semangat dan mendukung Albert. Ia berharap Albert akan menjadi atlet nasional. Albert disiplin menyiapkan diri karena ayahnya selalu berpesan bahwa jalan menuju prestasi di tingkat nasional, apalagi internasional bukan hal yang mudah.

Ia selalu berusaha untuk bisa membagi waktu antara sekolah dan latihan biliar. Ia berlatih setiap hari di OBC POOL . Pandemi covid-19 hampir dua tahun ini membuat ia mengurangi jam latihan. Tetapi dia tetap berlatih rutin minimal 5 jam per hari.

"Selama pendemi ini saya latihan di OBC POOL Tanjung Uban, dilatih sama ayah dan kakak saya. Latihan sehari 5 jam dari jam 4 sore sampai jam 9 malam" kata Albert Januarta.

Ia menambahkan latihan fisik untuk menjaga kebugaran. Menurut Albert, selain latihan fisik, istirahat yang teratur dan menjaga pola makan adalah hal yang tidak bisa dilupakan jika ingin beprestasi di bidang olahraga.

"Dengan latihan teratur olahraga (Joging) 2 kali seminggu dan tidur teratur serta dengan jaga pola makan. Menambah jam latihan, olahraga fisik ditingkatkan dan mengikuti turnamen nasional maupun Internasional” ujar Albert.

Latihan ketat dan mengatur pola hidup sehat bukan berarti membuat Albert tertinggal dalam urusan pelajaran di sekolah. Albert baru saja lulus dari sekolah dasar dan tahun ini akan melanjutkan ke salah satu SMP di Tanjung Uban. Di sekolah ia adalah siswa dengan prestasi akademik yang bagus. Ia memang bercita-cita menjadi atlet biliar nasional. Tetapi menurutnya bekal pendidikan tetap hal yang mutlak harus dimiliki.

Ahuat, ayah sekaligus pelatih Albert Januarta mengharapkan Albert juga akan semakin sering mengikuti berbagai turnamen. Pengalaman bertanding akan menjadi modal penting bagi Albert untuk meraih prestasi yang lebih tinggi.

Salah satu turnamen yang akan diikuti dalam waktu dekat adalah turnamen internasional junior di Las Vegas, Amerika Serikat pada September mandatang.

Baik Albert maupun sang ayah Ahuat mengharapkan adanya dukungan dari PB POBSI. "Saya mengharap dari PB POBSI mengperhatikan anak junior ini dan support dia" Kata Ahuat

Abert menyampaikan harapan yang sama kepada PB POBSI. "Mendapatkan dukungan penuh untuk meningkatkan kualitas permainan saya dan mensupport saya untuk mengikuti Turnamen Internasional Junior di Las Vegas Amerika Serikat September nanti" kata Albert.

Ketua Bidang Pembinaan Prestasi Pengurus Besar Persatuan Olahraga Biliar Seluruh Indonesia (POBSI) Achmad Fadil Nasution mengatakan, Albert Januarta cukup menjanjikan. Peluang berprestasi di kelomppk junior juga masih terbuka lebar. Tapi untuk bisa konsisten menjaga prestasi, Albert harus rutin mengikuti turnamen.

“Sebenarnya untuk kelompok umur ini kita masih ada dua atlet lain yaitu Derin Asaku Sitorus dan Brian Axel Ferdian. Albert Januarta cukup menjanjikan untuk ke depan, khususnya kejuaraan dunia junior U16 yang mana masih bisa diikuti sampai 3 tahun kedepan. Pada saat usia ybs 15 tahun kita menjadi tuan rumah kejuaraan dunia U16.” Kata Achmad Fadil Nasution.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini