Soal Insiden di MotoGP Doha 2021, Joan Mir Sudah Maafkan Jack Miller

Ezha Herdanu, Jurnalis · Sabtu 12 Juni 2021 06:41 WIB
https: img.okezone.com content 2021 06 12 38 2423973 soal-insiden-di-motogp-doha-2021-joan-mir-sudah-maafkan-jack-miller-qvLPYovNfk.jpg Joan Mir (Foto: motogp.com)

HAMAMATSU – Pembalap Tim Suzuki Ecstar, Joan Mir, akihrnya menjelaskan kelanjutan insiden yang melibatkannya dengan rider Ducati Lenovo, yakni Jack Miller, kala tampil di MotoGP Doha 2020. Mir mengatakan bahwa dirinya sudah memanfaatkan Miller atas insiden tersebut.

Sebagaimana diketahui, Mir dan Miller memang sempat terlibat insiden kala sama-sama tampil di MotoGP Doha 2021. Pada saat itu, kedua pembalap menjalani pertarungan sengit untuk memperebutkan posisi kelima pada lap ke-13.

Pada Tikungan 10, Mir melihat celah lalu coba menorobos pertahanan Miller. Namun hal tersebut justru membuat Mir dan Miller bersenggolan. Mir sendiri sudah memberikan tanda dengan mengangkat kaki kanannya sebagai permohonan maaf kepada Miller.

Joan Mir

Akan tetapi pada saat keluar dari Tikungan 16, Mir sedikit melebar ke pinggir lintasan. Mir pun coba kembali ke garis balap, tahu-tahu Miller dengan agresif memepetnya. Hal itu pun membuat kedua pembalap bertabrakan.

Hal itu pun sempat membuat Mir kesal, dan melontarkan kata-kata tak pantas kepada Miller. Insiden tersebut langsung diinvestigasi oleh FIM Stewards. Namun, secara mengejutkan FIM Steward menganggap hal tersebut hanya dinilai sebagai insiden balap biasa.

Baca Juga: Shinichi Sahara Kagum dengan Semangat Juang Mir di MotoGP Catalunya 2021

Keputusan FIM Steward tersebut mendapatkan respons dari Tim Suzuki dan Mir. Mereka meminta agar Miller mendapatkan hukuman, karena dinilai sengaja menabrak Mir dalam balapan tersebut.

Kini setelah beberapa balapan berlalu, Mir pun coba memberikan tanggapan mengenai insidennya dengan Miller di MotoGP Doha 2021. Mir menegaskan bahwa dirinya sudah memanfaatkan Miller atas insiden tersebut.

“Ya, saya sudah memaafkannya. Sungguh disayangkan kami harus mengalami senggolan itu. Saya cukup menyukai Jack, namun kami berdua sering kali menjalani aksi sengit di lintasan,” jelas Mir, sebagaimana disadur dari Motorsport Total, Sabtu (12/6/2021).

“Dia memang pembalap yang cukup agresif, tapi begitu pula saya. Tiap kali berduel dengan Jack, saya selalu harus siap kalah karena motor kami tenaganya lebih sedikit, jadi saya juga harus ambil risiko lebih tinggi di tikungan,” sambungnya.

Joan Mir

“Di Qatar, ia melampaui batas. Saya agresif saat menyalip, tapi tak kelewat batas, sementara ia kelewat batas. Kini kami memasuki tikungan lebih cepat, ban juga mengalami evolusi, lebih lunak hingga kami bisa lebih cepat saat gripnya baik.”

Baca Juga: Gagal Ulangi Kesuksesan Musim Lalu di MotoGP Catalunya 2021, Bos Suzuki Menolak Kecewa

“Corner speed kami juga kini lebih tinggi, balapan jadi lebih cepat. Level seluruh pembalap pada saat ini juga sama tinggi dan setara. Demi melaju di depan, kami harus benar-benar berkendara mencapai batas,” tuntas pembalap berusia 23 tahun tersebut.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini