Kalah dari Canelo Alvarez, Karier Tinju Billy Joe Saunders di Ujung Tanduk

Andika Pratama, Jurnalis · Selasa 11 Mei 2021 07:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 11 43 2408769 kalah-dari-canelo-alvarez-karier-tinju-billy-joe-saunders-di-ujung-tanduk-BEvSVUK9yX.jpg Billy Joe Saunders (Foto: Reuters)

TEXAS – Pelatih tinju, Jamie Moore, memprediksi karier tinju Billy Joe Saunders berada di ujung tanduk setelah kalah dari Saul Canelo Alvarez. Saunders menderita cedera parah pada mata kanannya setelah bertarung dengan Alvarez.

Pertarungan Saunders dengan Alvarez berlangsung di AT&T Stadium, Texas, Amerika Serikat, Minggu 9 Mei 2021. Pertandingan itu dinanti oleh banyak penggemar karena kedua petinju kelas menengah super itu punya prestasi mentereng.

Billy Joe Saunders vs Saul Canelo Alvarez (Foto: Reuters)

Saunders adalah pemilik sabuk juara WBO dengan catatan 31 menang tanpa terkalahkan. Alvarez raja kelas menengah super di WBA dan WBC dengan rekor pertarungan 56 menang, sekali kalah, dan dua kali imbang.

Pertarungan sempat berjalan seimbang, tetapi keadaan berubah seiring ronde bertambah. Alvarez mampu membombardir wajah dan tubuh Saunders dengan pukulannya.

BACA JUGA: Babak Belur Dihajar Canelo Alvarez, Saunders Tetap Dapat Dukungan dari Tyson Fury

Saunders mencoba melawan, tetapi pukulan-pukulan Alvarez lebih menyakitkan sehingga dia pun lebih banyak bertahan. Mata Saunders terluka parah pada ronde kedelapan.

BACA JUGA: Floyd Mayweather Jr Angkat Topi untuk Canelo Alvarez

Ketika pertarungan akan memasuki ronde kesembilan, Saunders menyerah karena luka pada matannya. Alvarez pun dinyatakan menang TKO atas Saunders sehingga merebut sabuk juara menengah super WBO dari sang lawan.

Moore menilai cedera pada mata Saunders tidak normal. Dia menyatakan cedera itu mungkin mengakhiri karier petinju berumur 31 tahun itu.

“Anda bisa melihat kerusakannya segera setelah pukulan mendarat. Tampilannya jauh berbeda dari pembengkakan mata yang normal," kata Moore kepada iFL TV, dikutip dari Boxingnews24, Selasa (11/5/2021).

Billy Joe Saunders vs Saul Canelo Alvarez (Foto: Reuters)

“Saya pikir Billy berada pada tahap saat dia mendapatkan banyak hal secara finansial dari olahraga, dan dia mencapai banyak hal. Ini bisa menjadi jenis cedera yang memperpendek kariernya, ‘Apakah masih ada gunanya mempertaruhkan kesehatan Anda untuk tujuan jangka panjang? Apakah saya perlu melakukannya lagi?” tuturnya.

Sementara itu, Alvarez tengah mengincar Caleb Plant sebagai lawan berikutnya. Sekadar informasi, Plant adalah pemilik sabuk juara kelas menengah super IBF.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini