Gagal Kalahkan Lewis Hamilton di F1 GP Spanyol 2021, Ini Dalih Verstappen

Djanti Virantika, Jurnalis · Senin 10 Mei 2021 15:50 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 10 37 2408506 gagal-kalahkan-lewis-hamilton-di-f1-gp-spanyol-2021-ini-dalih-verstappen-X57VVFypNU.jpg Max Verstappen dan Lewis Hamilton. (Foto: Reuters)

MONTMELO – Pembalap Tim Red Bull Racing, Max Verstappen, pasrah meratapi kekalahan dari Lewis Hamilton di Formula One (F1) GP Spanyol 2021. Harus menelan kekalahan secara dramatis, Verstappen pun membeberkan penyebabnya.

Sebagaimana diketahui, Verstappen sejatinya bisa memulai balapan dengan baik di Sirkuit Catalunya, Barcelona, Spanyol, pada Minggu 9 Mei 2021 malam WIB. Start dari posisi kedua, pembalap asal Belanda itu berhasil mengambil alih posisi pertama dengan melewati Hamilton.

Lewis Hamilton

Hingga lap ke-15, Verstappen pun masih tampil sebagai pemimpin balapan, diikuti Hamilton. Walau sempat terjadi safety car, posisi Verstappen tidak goyah. Dia dan Hamilton terus menguasai jalannya balapan dengan mengisi dua posisi terdepan.

Tetapi, pil pahit harus ditelan Verstappen di enam lap terakhir. Hamilton mampu menikung Verstappen kala itu. Kesalahan strategi Verstappen dalam melakukan pit stop kedua ternyata memberi hasil buruk.

BACA JUGA: Menang Strategi, Hamilton Sempat Berpikir Abaikan Panggilan Pit Stop Kedua

Setelah menikung Verstappen, Hamilton pun begitu nyaman berada di depan untuk memimpin jalannya balapan. Bahkan, pembalap Tim Mercedes AMG Petronas itu semakin memimin jauh ketika Verstappen mengambil pit stop kedua.

BACA JUGA: Pasrah, Bos Red Bull Akui Kemenangan Hamilton di F1 GP Spanyol 2021

Balapan pun akhirnya sukses dimenangkan oleh Hamilton. Sementara Verstappen, dia harus kembali menempati urutan kedua. Ini jadi ketiga kalinya Verstappen finis di belakang Hamilton pada musim ini.

Mendapati kondisi tersebut, Verstappen pun mengakui adanya kesalahan strategi yang dipasangnya pada balapan tersebut. Alhasil, dia harus mengalami masalah pada ban. Verstappen pun merasa hanya bisa terduduk seperti bebek saat menghadapi keganasan Hamilton di lap-lap terakhir.

"Di satu sisi, saya bisa melihatnya (Hamilton) datang. Jelang akhir, dia menjadi lebih cepat. Tidak banyak yang bisa kami lakukan saat itu,” ujar Verstappen, sebagaimana dikutip dari Motorsports, Senin (10/5/2021).

“Saat dia berhenti lagi, kemudian saya tahu itu sudah berakhir karena saya harus berjuang dengan ban, dan Anda bisa melihatnya di setiap lap dia semakin dekat dan dekat,” lanjutnya.

Max Verstappen

“Saya seperti bebek yang hanya bisa terduduk. Tapi bagaimanapun, saya mencoba semua yang saya bisa,” tutur rekan setim Sergio Perez tersebut.

Dengan finis di urutan kedua pada F1 GP Spanyol 2021, Verstappen bisa terus menjaga posisinya di klasemen sementara pembalap. Kini, dia masih menempati posisi kedua, mengekor Hamilton yang memimpin klasemen dengan keunggulan 14 poin.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini