Turnamen Snooker Six Red Akan Digelar Pertama Kali di Indonesia oleh POBSI Jawa Tengah

Ezha Herdanu, Jurnalis · Sabtu 08 Mei 2021 12:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 05 08 43 2407629 turnamen-snooker-six-red-akan-digelar-pertama-kali-di-indonesia-oleh-pobsi-jawa-tengah-KoFiHat2oy.jpg Ilustrasi Snooker Six Red (Foto: MNC Media)

PEKALONGAN – Usai libur Lebaran Pengurus Provinsi POBSI Jawa Tengah akan menggelar Turnamen Snooker Six Red mulai 19 Mei sampai 22 Mei 2021. Ini adalah Turnamen Snooker Six Red pertama di Indonesia.

Snooker six red adalah salah satu jenis permaian biliar yang dimainkan hanya menggunakan 6 buah bola berwarna merah. Nomor ini salah satu yang dipertandingkan di PON Papua Oktober mendatang.

Turnamen Snooker Six Red yang dilaksanakan Pengprov POBSI Jawa Tengah ini terbuka untuk umum dan tidak dibatasi, baik dari segi usia maupun skill. Turnamen menggunakan sistem handicap, dimana pemain yang lebih diunggulkan akan memberi poin terlebih dahulu kepada lawan sebelum permainan dimulai.

Baca Juga: Pasar Peralatan Biliar Dunia Tumbuh, Asia Pasifik Naik 32,5%

Turnamen akan diselenggarakan di Merdeka Pool & Lounge, Merdeka Building Jalan Kurinci 168 Pekalongan - Jawa Tengah selama 4 hari dari 19 dampai 22 Mei 2021, dengan hadiah total 10 juta.

Ketua Umum Pengprov POBSI Jawa Tengah Willyanto mengatakan, turnamen Snooker Six Red ini diselenggarakan sebagai ajang mencari bibit-bibit atlet snooker, selain sebagai ajang uji coba atlet-atlet Jawa Tengah sebelum berlaga di PON Papua 2021.

“Turnamen Snooker Six Red ini memang menjadi salah satu program dari Pengprov POBSI Jawa Tengah sebagai langkah melakukan pembinaan atlet khususnya untuk nomor snooker dan carom yang tidak pernah dipertandingkan di seluruh Indonesia, kecuali di PON dan KEJURNAS. Hal ini terjadi karena sangat sedikit lokasi biliar yang menyediakan meja carom dan snooker sehingga mereka tidak mungkin menyelenggarakan pertandingan nomor carom atau snooker.” Kata Willyanto.

Menurut Willyanto, Pengprov POBSI Jateng sudah mengimbau rumah biliar di Jateng yang memiliki meja carom atau meja snooker untuk menyelenggarakan turnamen nomor ini. Belum lama ini Kingdom Biliar Semarang menggelar turnamen carom.

Baca Juga: POBSI Bali Bersiap Hadapi PON Papua

Jawa Tengah memiliki lebih dari 30 Pengcab POBSI di 30 Kabupaten/ Kotamadya. Tapi hanya 2 yang memiliki fasilitas meja lengkap (Pool, Smooker dan Carom) yaitu di Kota Pekalongan dan Solo. Sedangkan Kota Semarang dan Kabupaten Purworejo hanya memiliki meja Pool dan Carom dan yang lainnya hanya menyediakan meja Pool. Ini adalah gambaran umum kondisi di seluruh Indonesia. Hanya sedikit rumah biliar yang menyediakan fasilitas meja lengkap (Pool, Snooker dan Carom).

(Ram)

1
1

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini