3 Perang Saudara di MotoGP Portugal 2021: Rossi, Marquez dan Espargaro

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Senin 19 April 2021 16:02 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 19 38 2397228 3-perang-saudara-di-motogp-portugal-2021-rossi-marquez-dan-espargaro-ifG74Qfcc5.jpg Marc Marquez dan Alex Marquez. (Foto: Reuters)

MOTOGP Portugal 2021 telah dihelat pada 18 April 2021 malam. Seri ketiga MotoGP 2021 tersebut digelar di Sirkuit Algarve, Portimao, Portugal.

Adu cepat mengendarai motor sport kali ini dimenangkan oleh rider Monster Energy Yamaha, Fabio Quartarao di posisi pertama, dibuntuti Francesco Bagnaia (Ducati), lalu pada podium ketiga diisi Joan Mir (Suzuki).

Di sisi lain, balapan ini menciptakan momen berkesan bagi seluruh fans MotoGP dunia karena bertepatan dengan comeback-nya Marc Marquez ke lintasan balap. Pembalap yang telah meraih gelar juara dunia MotoGP sebanyak 6 kali ini kembali melanjutkan kariernya di dunia balap setelah 9 bulan absen lantaran tangan kanannya patah saat kecelakaan di Sirkuit Jerez, 19 Juli 2020 lalu.

Baca juga: Marc Marquez Puas Bisa Sentuh Garis Finis MotoGP Portugal 2021

Baca juga: Quartararo Tiru Selebrasi Cristiano Ronaldo saat Rayakan Kemenangan di MotoGP Portugal

Tak sampai di sana, dengan kembalinya Marquez, penikmat setia MotoGP akan disuguhkan tontonan para saudara sedarah bersaing untuk menjadi yang tercepat sepanjang 2021. Uniknya, saat ini mereka saling sikut di klasemen sementara. Lantas siapa saja mereka?

 

Aleix Espargaro vs Pol Espagaro

Kakak beradik ini telah lama saling bersaing di ajang MotoGP tepatnya sejak 2014. Saat itu, Pol Espargaro naik kelas dari ajang Moto2.

Kedua saudara ini pun akan mengarungi MotoGP 2021 dengan bersaing mengatasnamakan timnya masing-masing. Di mana Aleix Espargaro menjadi andalan Aprilia hingga 2022 nanti, sementara sang adik Pol Espargaro menjadi tandem Marc Marquez di Repsol Honda.

Pada ajang MotoGP Portugal 2021, Pol Espargaro tak seberuntung kakaknya lantaran motornya mengalami crash dan gagal finis. Sementara Aleix berhasil finis di posisi 6. Dalam klasemen pun mereka terpaut 14 poin dengan Aleix di posisi 6 dengan 26 poin, dan Pol di posisi 13 dengan 11 poin.

Valentino Rossi vs Luca Marini

Persaingan antar saudara berikutnya yang tak kalah seru datang dari Valentino Rossi dan Luca Marini. Bahkan pada klasemen sementara, kedua pembalap ini memiliki poin yang sama yakni empat dan berada di urutan 18 dan 19.

Marini menjadi salah satu pembalap yang menjadi korban dari aksi menikung Valentino Rossi pada MotoGP Portugal kali ini. Berbeda saat menyalip pembalap lain, pembalap berusia 42 tahun itu merasa tak enak hati saat melewati rider Tim Esponsorama Ducati itu.

Baca juga: Melempem di 3 Balapan Awal MotoGP 2021, Rossi Pede Tatap Race Berikutnya

“Sayangnya, saya harus menyalip adik saya dengan sedikit lebih agresif. Karena pada saat itu saya lebih cepat,” kata Valentino Rossi, mengutip dari Speedweek, Senin (19/4/2021).

“Rasanya aneh menyalip motor milik Tim VR46, tetapi terlebih lagi karena itu adik saya,” sambungnya.

Marc Marquez vs Alex Marquez

Ini lah persaingan saudara yang baru tercipta di ajang MotoGP 2021 yang tentunya menarik untuk ditunggu. Benar saja, padahal baru comeback, Marq Marquez sudah menempel ketat Alex Marquez di tabel klasemen sementara.

Marc yang melakoni sesi balapan pertamanya sudah mendulang 9 poin di posisi 14 klasemen. Sementara, Alex berada di bawahnya dengan 8 poin. Tak sampai di sana, dalam MotoGP Portugal ini mereka juga saling membuntuti pada posisi 7 dan 8 hingga akhir balapan.

Baca juga: Marc Marquez Puas Bisa Sentuh Garis Finis MotoGP Portugal 2021

Sang adik pun mengakui keunggulan dari Marc dalam balapan kali ini. Namun ia pun tetap kesal karena sang kakak masih tampil baik.

"Dia mengalahkan saya pada balapan pertama, kami berdua finis bersama. Saya tidak suka, saya mencoba untuk mendapatkannya tapi dia bisa melakukannya lagi," kelakarnya.," ujar Alex Marquez dengan nada kelakar dilansir dari Speedweek, Senin (19/04/2021)

Aksi "saling sikut" antara dua saudara ini kemungkinan besar akan kembali terjadi pada seri balapan MotoGP berikutnya.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini