Jadi Ketum, Bambang Soesatyo Ingin Bawa Tarung Derajat ke SEA Games 2023

Quadiliba Al-Farabi, Jurnalis · Jum'at 09 April 2021 21:01 WIB
https: img.okezone.com content 2021 04 09 43 2392242 jadi-ketum-bambang-soesatyo-ingin-bawa-tarung-derajat-ke-sea-games-2023-nMCV0FjXIL.jpg Bamsoet dilantik menjadi Ketum PB Tarung Derajat (Foto: Quadiliba Al-Farabi)

JAKARTA - Ketua MPR, Bambang Soesatyo, resmi menjadi "Sang Ketua" atau Ketua Umum Pengurus Besar Keluarga Tarung Derajat (PB Kodrat) periode 2021-2025. Ia dilantik menggantikan ketua sebelumnya, Hary Tanoesoedibjo, pada Jumat (9/4/2021) di Gedung Blackstone, Jakarta.

Pada acara pengukuhan ini, pria yang akrab disapa Bamsoet itu memiliki visi untuk membawa olahraga tarung derajat ke kancah internasional. Misi terdekat, ia mengupayakan olahraga asli Indonesia ini dipertandingkan di SEA Games 2023 Kamboja.

Bamsoet dilantik (Foto: Quadiliba Al-Farabi)

"Saat ini, (Tarung Derajat) ada enam cabang di luar negeri: Malaysia, Myanmar, Vietnam, Laos, Thailand, dan Filipina. Kita akan perluas lagi untuk memenuhi ketentuan yang diatur sebagai syarat untuk bisa masuk pertandingan SEA Games 2023 mendatang," ujar pria berumur 58 tahun ini.

BACA JUGA: Jepang Prioritaskan Vaksin untuk Atlet Olimpiade 2020

Ia bertekad untuk mengajak berbagai pihak untuk berkolaborasi memajukan olahraga ini. Bamsoet pun mengedepankan upaya konsolidasi, baik secara internal organisasi maupun hubungan dengan pihak terkait.

BACA JUGA: 5 Atlet Muslim Berprestasi di Dunia Olahraga, Nomor 1 Raja UFC

"Pertama, kita harus konsolidasikan seluruh kekuatan yang kita miliki dan jaringan yang kita miliki di seluruh nusantara terutama daerah-daerah dan cabang-cabang kita di luar negeri," katanya.

"Kita perkuat internal dan kepada para pihak, lembaga-lembaga yang ada dan perwakilan luar negeri dalam hal ini para duta besar," lanjut Bamsoet.

Tarung derajat merupakan olahraga asli Indonesia yang telah diakui sebagai olahraga nasional dan digunakan sebagai latihan bela diri dasar oleh TNI Angkatan darat dan Brigade Mobil Polri pada 1960-an.

Bamsoet dilantik (Foto: Quadiliba Al-Farabi)

Namun, sejak terciptanya olahraga ini, tarung derajat belum berhasil menjadi cabang yang dipertandingkan di luar negeri. Terakhir, olahraga ini batal diikutsertakan pada Sea Games 2017 di Malaysia, 2019 di Filipina, dan 2021 di Vietnam.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini