5 Fakta Aprilia Manganang yang Ternyata Seorang Pria, Nomor 2 Mengejutkan

Djanti Virantika, Jurnalis · Sabtu 13 Maret 2021 15:25 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 13 43 2377213 5-fakta-aprilia-manganang-yang-ternyata-seorang-pria-nomor-2-mengejutkan-mB8ZGTfUvs.jpg Aprilia Manganang. (Foto: Instagram/@manganang92)

MANTAN pevoli putri Indonesia, Aprilia Manganang, tengah mendapat atensi lebih dari publik Tanah Air karena status gendernya yang ternyata seorang laki-laki. Kabar itu disampaikan oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa.

Kabar ini terbilang mengejutkan karena Aprilia Manganang telah dikenal sebagai perempuan selama ini. Bahkan, Aprilia pernah memperkuat Tim Nasional (Timnas) Voli Putri Indonesia dan juga bergabung ke Korps Wanita TNI Angkatan Darat.

BACA JUGA: Sejak Tahun Lalu, Ini Bukti Awal Aprilia Manganang Mulai Unjuk Diri Layaknya Pria

Tetapi, setelah melalui pemeriksaan medis pada 3 Februari 2021, Aprilia dinyatakan mengalami kelainan hipospadia. Kelainan ini merupakan kondisi langka ketika lubang kencing penis ada pada bagian bawah dan bukannya di ujung.

BACA JUGA: 5 Potret Ketampanan Aprilia Manganang saat Sandang Status Wanita

Terkait sosok Aprilia Manganang, ada sederet fakta menarik yang bisa dikulik dari sosoknya. Salah satunya ada fakta mengejutkan terkait status gendernya. Berikut lima fakta Aprilia Manganang yang ternyata seorang pria.

5. Mengidap Hipospasdias

Salah satu fakta menarik dari sosok Aprilia Manganang adalah soal dirinya yang mengidap penyakit hipospasdias sejak lahir. Karena kelainan langka ini, Aprilia akhirnya disangka sebagai seorang perempuan sejak lahir sampai usianya sudah menginjak 28 tahun.

Aprilia Manganang

Hipospadia sendiri diketahui merupakan kondisi bawaan yang relatif jarang terjadi. Kebanyakan kelainan ini tidak parah. Tetapi, kasus Aprilia Manganang termasuk dalam kategori 10 persen yang serius sehingga butuh penanganan lebih dalam lagi.

4. Punya Segudang Prestasi

Fakta berikutnya soal prestasinya yang begitu banyak di dunia olahraga voli. Ya, sebelum dinyatakan sebagai seorang pria, Aprilia diketahui berkarier aktif menjadi pevoli putri profesional di Tanah Air.

Aprilia Manganang

Dia bahkan dipanggil membela Timnas Voli Putri Indonesia untuk bermain di sejumlah kompetisi bergengsi. Bersama timnas, Aprilia sendiri sudah berhasil membantu tim meraih sejumlah medali di SEA Games.

Kemudian di tataran klub, dia memenangkan tiga gelar Proliga bersama Jakarta Electrik PLN (2015, 2016, dan 2017) dan satu gelar Proliga bersama Jakarta PGN Popsivo Polwan pada 2019. Saat mengepakkan sayap dengan berkarier di Thailand, Aprilia juga sukses meraih gelar juara Thai-Denmark Super League 2019.

3. Pensiun pada 2020

Aprilia Manganang

Meski punya karier mentereng, Aprilia akhirnya memilih pensiun sebagai pevoli putri profesional. Hal itu tepatnya dilakukan pada September 2020. Dia mengumumkan lewat unggahan di Instagram.

2. Dinyatakan sebagai Perempuan oleh Tim Dokter SEA Games 2015

Aprilia Manganang

Sebelum akhirnya dipastikan merupakan seorang pria, Aprilia Manganang kerap mendapat protes terkait status gendernya saat berlaga di dunia voli. Salah satunya terjadi pada gelaran SEA Games 2015.

Kala itu, pihak tim voli putri Filipina melayangkan protes karena ragu bahwa Aprilia merupakan seorang perempuan. Akan tetapi, pengajuan protes Filipina mendapat penolakan dari tim dokter SEA Games.

Secara medis kala itu, Komite Medical SEA Games menyatakan bahwa Aprilia Manganang adalah perempuan. Alhasil, dia pun terus diizinkan untuk tampil di ajang dua tahunan tersebut dalam skuad Tim Voli Putri Indonesia.

1. Bakal Ganti Nama

Langkah besar akan dilakukan Aprilia Manganang usai dipastikan merupakan seorang pria. Ia menyatakan bakal mengganti namanya. Saat ini, pevoli asal Sulawesi Utara itu sendiri diketahui memiliki nama lengkap Aprilia Santini Manganang.

Aprilia Manganang

Perubahan nama ini sendiri merupakan pilihan dari Aprilia dan orangtuanya. Meski sudah punya tekad kuat mengganti nama, Aprilia masih harus menunggu karena dirinya mesti lebih dulu mengganti statusnya dari perempuan menjadi laki-laki melalui jalur hukum.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini