Sejak Tahun Lalu, Ini Bukti Awal Aprilia Manganang Mulai Unjuk Diri Layaknya Pria

Bagas Abdiel, Jurnalis · Jum'at 12 Maret 2021 16:19 WIB
https: img.okezone.com content 2021 03 12 43 2376747 sejak-tahun-lalu-ini-bukti-awal-aprilia-manganang-mulai-unjuk-diri-sebagai-pria-x5KkMCZ2xQ.jpg Aprilia Manganang (Foto: Instagram/@manganang92)

MANTAN pevoli putri Tanah Air, Aprilia Manganang, telah membuat publik gempar. Pasalnya baru-baru ini ia telah diumumkan sebagai seorang lelaki oleh Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD), Jenderal TNI Andika Perkasa.

Namun begitu, sejak kemunculannya di dunia voli, sosok Aprilia Manganang memang telah terlihat sebagai seorang lelaki. Bahkan pada beberapa insiden, status gender Aprilia sering dipertanyakan sebagai seorang wanita.

Aprilia Manganang

Salah satunya pada event SEA Games 2015 yang berlangsung di Singapura. Kala itu, pihak Filipina mengajukan protes karena pemain asal Sulawesi Utara tersebut memiliki tubuh kekar dan gaya macho layaknya seorang lelaki.

Namun protes tersebut mendapat penolakan dan Aprilia tetap dinyatakan seorang wanita. Bahkan hingga menyatakan pensiun pada September tahun lalu, Aprilia mengakhiri kariernya sebagai pevoli dengan gender perempuan.

Baca juga 5 Potret Ketampanan Aprilia Manganang saat Sandang Status Wanita

Akan tetapi, Aprilia kemudian dinyatakan sebagai pria setelah dilakukan pemeriksaan medis pada 3 Februari 2021 kemarin. Dalam pemeriksaan medis itu, pria berusia 28 tahun tersebut dinyatakan mengalami kelainan hipospadia.

Baca juga Aprilia Manganang Ternyata Pria, Ini Antisipasi PBVSI jika Negara Lain Ajukan Protes

Meski begitu, pada akhir tahun lalu, tepatnya pada 30 Desember 2020, Aprilia sepertiya telah menemukan identitasnya dengan menunjukkan diri sebagai seorang lelaki. Hal itu terlihat pada akun media sosial Tiktok miliknya @manganang27 dengan ia menampakkan diri layaknya laki-laki.

Pada keterangannya pun ia menuliskan keterangan “perdana awal”. Mungkin saja kata-kata tersebut bisa bermakna sebagai unggahan perdananya di Tiktok. Tetapi, bisa juga berarti tentang awal kemunculannya sebagai pria.

Aprilia Manganang

Pada unggahan tanggal 30 Desember 2020 tersebut, Aprilia terlihat melakukan aktivitas gym dengan mengangkat beban. Bahkan potretnya sangat terlihat maskulin karena ia memotong pendek rambutnya bak laki-laki walau tertutupi oleh topi.

Sementara jika menilik pada beberapa unggahannya di Instagram, Aprilia begitu berani dalam memamerkan bentuk tubuhnya yang kekar. Bahkan pada beberapa unggahan berikutnya, Aprilia hanya terlihat mengenakan kaos tanpa lengan.

Seperti salah satu unggahannya di Tiktok pada 28 Januari 2021, ia membuat video sedang membuka kaos. Setelah membuka kaosnya, ia pun menunjukkan bentuk tubuhnya dengan dada bidang dan perut sixpack.

Aprilia Manganang

Terakhir, pada unggahannya di Tiktok pada 23 Februari 2021, Aprilia sudah benar-benar memperlihatkan dirinya sebagai lelaki. Bahkan dari caranya bergoyang, ia sudah menunjukkan gaya seorang lelaki.

Aprilia Manganang

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini