Khabib Nurmagomedov Siap Kosongkan Gelarnya

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 10 Februari 2021 18:24 WIB
https: img.okezone.com content 2021 02 10 43 2360000 khabib-nurmagomedov-siap-kosongkan-gelarnya-hvD5FwHqwO.jpg Khabib Nurmagomedov (Foto: UFC)

MOSKOW – Khabib Nurmagomedov telah mengumumkan bahwa ia siap untuk mengosongkan gelar juara dunia UFC yang disandangnya. Menurutnya, itu akan menjadi bukti sah bahwa Khabib telah benar-benar pensiun sebagai petarung Mixed Martial Arts (MMA).

Khabib mengumumkan untuk pensiun setelah berhasil mengalahkan Justin Gaethje di UFC 254 pada Oktober 2020 dan mempertahankan gelar juara dunia kelas ringan miliknya. Khabib menerangkan bahwa alasannya memilih pensiun adalah untuk memenuhi janjinya kepada sang ibu

Baca juga: Ditantang Conor McGregor Lagi, Ini Jawaban Dustin Poirier

Pada awalnya, Dana White tidak menganggap Khabib telah pensiun. Menurutnya, petarung berjuluk The Eagle itu hanya membutuhkan cuti. Maka dari itu, Dana White tidak mencabut gelar juara dunia kelas ringan UFC yang disandang Khabib.

Khabib Nurmagomedov

Dana White pasalnya memiliki keyakinan bahwa Khabib akan naik ke oktagon untuk bertarung, setidaknya satu kali lagi. Sebab, ayah Khabib memiliki keinginan agar putranya tersebut memenangkan pertarungan sebanyak 30 kali sebelum pensiun.

Baca juga: Ketaatan Khabib sebagai Muslim Buat Komentator Legendaris UFC Ini Terkesan

Kendati demikian, hal ini justru memunculkan pertanyaan kapan Khabib bakal comeback. Pasalnya, sebagai pemegang sabuk juara dunia, The Eagle menjadi sosok yang ingin ditaklukkan oleh petarung-petarung lain.

Diakui oleh Khabib bahwa kondisi tersebut membuatnya tak nyaman. Sebab, ia sama sekali tidak memiliki pemikiran untuk comeback. Namun, ia juga sadar bahwa kejuaraan UFC bakal terhambat jika sang juara dunia tak kunjung muncul.

Maka dari itu Khabib memiliki niatan untuk menyerahkan gelar juara dunia yang ia pegang. Dengan demikian, akan terjadi kekosongan kekuasaan di kelas ringan UFC dan untuk itu dibutuhkan seorang juara baru.

"Jika gelar saya dikosongkan, situasinya akan tenang. Saya lelah dengan ketidakpastian ini. Kejuaraan harus bergerak maju,” ujar Khabib, dikutip dari TASS, Rabu (10/2/2021).

Khabib Nurmagomedov

“Saya memahami Dana White - satu (petarung) hilang, lalu yang lain, dan dia masih perlu menghasilkan uang. Namun, keputusan saya sudah final," lanjutnya.

Khabib juga sudah bertemu dengan Dana White beberapa waktu lalu. Dalam pertemuan tersebut, Dana melihat sosok The Eagle yang sudah kehilangan minat bertarung. Karena menurut Khabib, saat ini tidak ada petarung UFC yang bisa mengalahkannya.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini