5 Teknik Dasar Bola Voli dan Penjelasannya

Djanti Virantika, Jurnalis · Sabtu 28 November 2020 14:23 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 28 43 2317911 5-teknik-dasar-bola-voli-dan-penjelasannya-Tp6BH2Ys3e.jpg Ilustrasi bola voli. (Foto: Shutterstock)

VOLI jadi salah satu cabang olahraga yang terbilang populer karena digemari masyarakat. Untuk bisa memainkan pertandingan voli, ada beberapa hal yang perlu diketahui. Kali ini, mari menilik teknik-teknik dasar bola voli.

Teknik bola voli sejatinya terbagi dalam beberapa hal, mulai dari servis, passing, smash, block, dan digging. Keterampilan ini penting dikuasi oleh seorang pemain agar bisa menunjukkan permainan yang baik.

Pertandingan voli

Untuk servis, ada dua jenis teknik yang didapat dari hal ini. Pertama adalah servis floater, dan kedua adalah jump serve. Servis floater adalah cara memukul bola sehingga mengambang tanpa ada putaran dari bola tersebut.

BACA JUGA: Nataliya Goncharova, Pevoli Cantik yang Terima Bayaran Paling Mahal di Dunia

Sementara jump serve adalah jenis servis bola voli yang membuat pemain meningkatkan kekuatan dan tinggi servis mereka dengan melompat ke pukulan. Jenis servis ini sering juga disebut sebagai lompat bola voli.

Teknik dasar kedua adalah passing. Sama seperti servis, ada dua poin yang terdapat dalam melakukan passing. Kedua jenis itu ialah passing bawah dan atas.

Passing bawah sendiri adalah teknik mengambil bola dari arah bawah. Biasanya, pemain yang melakukan teknik ini akan menggunakan kedua lengan di bagian bawah. Sementara itu, passing atas adalah pukulan mengoper bola yang dilakukan dengan menggunakan kedua tangan di atas kepala. Biasanya pemain akan menggunakan jari-jarinya dalam melakukan teknik ini.

Teknik dasar ketiga adalah smash. Untuk teknik ini, pemain akan melakukan pukulan keras untuk menyerang lawan demi mendapatkan poin. Smash sendiri biasanya dilakukan oleh pemain yang menguasai tekniknya dengan baik karena harus memahami titik lemah lawan.

Ada empat jenis smash dalam olahraga voli. Keempat jenis itu adalah frontal smash (smash depan), frontal smash twist (smash depan dengan memutar), dump (tipuan), dan smash dari pergelangan tangan.

Keempat, teknik dasar yang harus dikuasai dalam olahraga voli adalah block atau menghadang. Blocking adalah cara bertahan dengan menghentikan atau memperlambat serangan lawan di daerah jaring net. Block bisa dilakukan oleh satu sampai tiga orang sekaligus.

Teknik dasar bola voli yang terakhir adalah digging. Teknik ini berguna untuk menyelamatkan bola yang tak bisa dihalau oleh blocker. Pemain yang melakukan digging harus memiliki cekatan dan gesit. Sebab, serangan lawan terkadang tak bisa diprediksi.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini