Langkah Cerdas UFC Tak Copot Gelar Juara Khabib Nurmagomedov

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Kamis 05 November 2020 08:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 04 43 2304327 langkah-cerdas-ufc-tak-copot-gelar-juara-khabib-nurmagomedov-OCDKtx73G7.JPG Khabib Nurmagomedov. (Foto/UFC)

LOUISIANA – Eks juara dunia kelas ringan dan berat Ultimate Fighting Championship (UFC), Daniel Cormier menganggap UFC telah membuat langkah cerdas dengan tidak mencabut gelar juara dunia kelas ringan Khabib Nurmagomedov. Menurutnya, cara itu dilakukan agar petarung asal Daestan, Rusia tersebut bisa kembali ke arena oktagon.

Khabib Nurmagomedov memutuskan pensiun setelah mempertahankan juara kelas ringan atau lightweight UFC usai mengalahkan Justin Gaethje. Pertarungan menjadi rangkaian puncak UFC 254 yang diselenggarakan di Fight Island, Uni Emirat Arab.

Foto/UFC

Petarung berusia 32 tahun itu mengalahkan Gaethje pada ronde kedua saat duel berjalan satu setengah menit. Dia mempertahankan sabuk juara kelas ringan UFC yang sudah diraihnya pada 2018 silam.

Baca juga: Khabib Nurmagomedov Pensiun, Dustin Poirier Klaim Layak Jadi Penantang Juara

Meski memutuskan pensiun, Presiden UFC, Dana White tidak mencabut gelar juara Khabib Nurmagemadov. Dia meyakini sang petarung suatu saat akan kembali untuk menggenapkan rekor kemenangannya menjadi 30 tanpa terkalahkan.

Cormier menilai langkah UFC tidak mencabut gelar merupakan sesuatu yang cerdas. Menurut dia UFC menyadari sangat berharganya Khabib untuk kepentingan mereka.

“UFC tidak melakukan itu (mencopot gelar juara dunia kelas ringan Khabib). Mereka duduk, menunggu, dan berharap. Itu merupakan sebuah langkah cerdas. Hal itu juga berarti betapa besarnya nilai yang dimiliki Khabib,” jelas Poirier menyitir Mix, Kamis (555/11/2020).

“Kalian bisa melihat, semua yang terjadi pada dirinya. Jadi UFC sudah tepat untuk duduk menunggu sambil berharap situasi berubah hingga mendapatkan laga ke-30. UFC bahkan tidak perlu membuat keputusan di Januari,” tambah dia.

Khabib memutuskan pensiun karena untuk menepati janji pada ibunya. Namun, Poirier merasa keputusan Khabib berhenti sebagai petarung UFC hanya bersikap emosional.

Foto/UFC

“Mereka bisa menunggu hingga pertengahan tahun depan. Khabib seharusnya bertarung di April, namun dia tak bertarung hingga Oktober dan tidak ada satu pun yang berteriak untuk meminta sabuk Khabib diambil,” kata dia berasumsi.

“UFC masih punya waktu untuk Khabib dan apabila terdapat sebuah dorongan yang muncul tetapi Khabib masih butuh waktu, UFC bisa membuat laga perebutan sabuk juara sementara. Itulah yang terjadi pada beberapa kesempatan,” pungkas Poirier.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini