Beda Perlakuan Bos UFC ke Khabib Nurmagomedov

Rachmat Fahzry, Jurnalis · Rabu 04 November 2020 07:00 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 03 43 2303668 beda-perlakuan-bos-ufc-ke-khabib-nurmagomedov-Fuje68eG1D.JPG Khabib Nurmagomedov. (Foto/UFC)

JAKARTA - Khabib Nurmagomedov mempertahankan juara kelas ringan atau lightweight UFC setelah mengalahkan Justin Gaethje. Pertarungan menjadi rangkaian puncak UFC yang diselenggarakan Fight Island, Uni Emirat Arab pada Minggu 25 10 2020 dini hari WIB.

Khabib Nurmagomedov mengalahkan Gaethje pada ronde kedua saat duel berjalan satu setengah menit. Dia mempertahankan sabuk juara kelas ringan UFC yang sudah diraihnya pada 2018 silam.

Foto/UFC

The Eagle, julukan petarung asal Dagestan, Rusia itu mengumumkan pensiun saat dinyatakan pemenang dalam pertarungan tersebut. Nurmagomedov, yang kini berusia 32 tahun itu mengatakan, “Ini pertarungan terakhir saya.”

Baca juga: Usai Pensiun, Khabib Nurmagomedov Langsung Siapkan Penerusnya

Meski pensiun, Khabib Nurmagomedov masih berhak mempertahankan sabuk juara dunia kelas ringan. Khabib kini memegang rekor tak terkalahkan dengan 29 kali kemenangan.

Presiden UFC, Dana White, meyakini Khabib Nurmagomedov akan kembali. Sekali pun tidak kembali, petarung berjuluk The Eeagles itu tetap menyandang statusnya sebagai juara dunia kelas ringan plus mempertahankan sabuk.

“Dia masih berstatus juara. Tidak ada titel juara yang kosong saat ini atau pemegang titel sementara. Dia adalah juara dan kami akan memberikan waktu kepadanya untuk berpikir,” ujar Dana White mengutip Russia Today.

Satu faktor yang membuat Dana White cukup yakin Khabib Nurmagomedov akan kembali adalah keinginan mendiang ayahnya, Abdulmanap, untuk menggenapkan rekor 30-0. Apalagi, petarung berusia 32 tahun itu akan berbicara empat mata dengan sang ibu, Patimat Nurmagomedova.

“Khabib tidak bilang dia akan bertarung lagi, tetapi dia juga tidak bilang tidak. Dia masih mempertimbangkan rekor 30-0. Ayahnya menginginkan rekor itu,” lanjut Dana White.

“Saya masih cukup yakin (dia akan kembali). Khabib bilang dia akan berbicara lebih dulu dengan ibunya,” tambahnya.

Foto/MMA

Pernyataan White menjadi jadi. Pasalnya, perlakukannya kepada Khabib sangat berbeda jika dibandingkan dengan sikapnya kepada Henry Cejudo, Jon Jones, hingga Conor McGregor.

Cejudo adalah juara kelas terbang dan bantam UFC. Ia menyatakan pensiun setelah berduel dengan Dominick Cruz pada pertengahan 2020.

Sedangkan Jon Jones adalah penguasa gelar light heavyweight. Ia memilih melepaskan sabuk juara usai menang angka atas Dominick Reyes.

Sedangkan McGregor adalah petarung yan membuat nama UFC melambung. Hanya saja, petarun asal Irlandia itu, mundur pada Juni 2020. Dia kesal karena tidak mendapatkan jatah bertarung.

Meski McGregor, Jon Jones dan Dominick Cruz, penisun White tidak mempermasalahkan. Dia menilai ketiga petarung itu sudah memilih jalan yang tepat dan ikut senan dengan keputusan mereka.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini