Meski Pensiun, Khabib Nurmagomedov Tetap Berhak Pegang Sabuk Juara

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 02 November 2020 04:33 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 43 2302519 meski-pensiun-khabib-nurmagomedov-tetap-berhak-pegang-sabuk-juara-WN22sZhZFa.jpg Khabib Nurmagomedov memegang sabuk juara kelas ringan (Foto: UFC)

LAS VEGAS – Pensiunnya Khabib Nurmagomedov dari tarung gaya campuran (MMA) dan ajang Ultimate Fighting Championship (UFC) terus menarik untuk diikuti. Sekali pun sudah tidak lagi bertarung, statusnya sebagai pemegang sabuk juara dunia kelas ringan tidak akan berubah.

Sebagaimana diketahui, Khabib Nurmagomedov memutuskan gantung sarung tangan usai mengalahkan Justin Gaethje pada UFC 254, 25 Oktober 2020 dini hari WIB di Abu Dhabi. Keputusan itu cukup mengejutkan bagi semua penggemarnya.

Tidak sedikit pula yang meyakini Khabib Nurmagomedov akan kembali. Sebab, petarung asal Rusia itu masih memendam keinginan untuk mencatatkan rekor kemenangan 30-0. Saat ini, rekornya terhenti di angka 29 pertarungan tanpa kalah.

Baca juga: Legenda MMA Dukung Protes Keras Khabib Nurmagomedov untuk Presiden Prancis

Khabib Nurmagomedov diliputi perasaan emosional (Foto: Twitter/@UFC)

Presiden UFC, Dana White, termasuk salah satu pihak yang yakin Khabib Nurmagomedov akan kembali. Sekali pun tidak kembali, petarung berjuluk The Eeagles itu tetap menyandang statusnya sebagai juara dunia kelas ringan plus mempertahankan sabuk.

“Dia masih berstatus juara. Tidak ada titel juara yang kosong saat ini atau pemegang titel sementara. Dia adalah juara dan kami akan memberikan waktu kepadanya untuk berpikir,” ujar Dana White, dilansir dari Russia Today, Senin (2/11/2020).

Satu faktor yang membuat Dana White cukup yakin Khabib Nurmagomedov akan kembali adalah keinginan mendiang ayahnya, Abdulmanap, untuk menggenapkan rekor 30-0. Apalagi, petarung berusia 32 tahun itu akan berbicara empat mata dengan sang ibu, Patimat Nurmagomedova.

“Khabib tidak bilang dia akan bertarung lagi, tetapi dia juga tidak bilang tidak. Dia masih mempertimbangkan rekor 30-0. Ayahnya menginginkan rekor itu,” lanjut Dana White.

“Saya masih cukup yakin (dia akan kembali). Khabib bilang dia akan berbicara lebih dulu dengan ibunya,” tukas pria berkebangsaan Amerika Serikat (AS) tersebut.

Dua faktor yang disebutkan Dana White bakal berperan penting untuk keputusan Khabib Nurmagomedov. Catatan 30-0 sebelum pensiun adalah permintaan terakhir Abdulmanap Nurmagomedov sebelum meninggal dunia pada Juli 2020 akibat komplikasi penyakit serta paparan Covid-19.

Rekor itu pula yang mungkin bisa membuat Patimat Nurmagomedova berubah pikiran. Sebab, ia pasti ingin Khabib memenuhi permintaan terakhir Abdulmanap sekali pun Patimat tidak menghendaki lagi anaknya bertarung tanpa pendampingan sang ayah.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini