7 Kali Juara Dunia Beruntun, Mercedes Pede Lanjutkan Dominasi di F1

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Senin 02 November 2020 04:01 WIB
https: img.okezone.com content 2020 11 02 37 2302518 7-kali-juara-dunia-beruntun-mercedes-pede-lanjutkan-dominasi-di-f1-2yuwBK7J9H.jpg Toto Wolff berfoto bersama Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas (Foto: Twitter/@MercedesAMGF1)

IMOLA – Sebuah prestasi spesial dicatatkan Tim Mercedes AMG Petronas usai gelaran Formula One (F1) GP Emilia Romagna 2020, Minggu 1 November malam WIB. Tim yang berbasis di Brackley, Inggris, itu sukses mengunci gelar juara dunia kategori konstruktor untuk yang ketujuh kalinya.

Catatan spesial itu ditorehkan setelah kedua pembalapnya, Lewis Hamilton dan Valtteri Bottas, mengakhiri balapan sebagai yang tercepat. Hamilton mencatat kemenangan ke-93 sepanjang kariernya, sedangkan Bottas masuk garis finis di urutan kedua.

Tambahan kumulatif 44 angka membuat Mercedes AMG Petronas dipastikan keluar sebagai juara dunia. Koleksi 479 angka The Silver Arrow, tidak akan mampu dikejar oleh Red Bull Racing di peringkat dua, yang baru mengumpulkan 226 poin.

Baca juga: Hasil Race F1 GP Emilia Romagna 2020, Hamilton Finis Terdepan

Mercedes rayakan gelar juara dunia ketujuh (Foto: Twitter/@ValtteriBottas)

Keberhasilan itu jelas membuat Prinsipal Tim Mercedes AMG Petronas, Toto Wolff, bangga. Pria asal Austria itu langsung mengklaim, Mercedes AMG Petronas bisa melanjutkan dominasi di F1, selama motivasi dan energi tetap terjaga dengan baik.

“Saya tidak terlalu mempedulikan angka, tetapi ini adalah sesuatu yang membanggakan. Kami memiliki grup yang menakjubkan. Kami selalu berusaha mendorong tolok ukur ke level yang baru dan berhasil mencapainya,” ujar Toto Wolff, dikutip dari Crash, Senin (2/11/2020).

“Selama kami terus termotivasi dan penuh energi, saya bisa melihat kami mendorong batasan itu lebih tinggi lagi. Tentu saja, akan ada kompetisi yang ketat lagi musim depan. Kami sudah tidak sabar menanti tantangan baru lagi,” imbuh pria berusia 48 tahun tersebut.

Perubahan era ke mesin hibrida sejak F1 2014 tampaknya membawa keberuntungan tersendiri bagi Mercedes. Betapa tidak, seluruh tujuh gelar juara dunia konstruktor, diraih sejak 2014 hingga 2020. Mereka berhasil melewati rekor yang ditorehkan Scuderia Ferrari dengan enam gelar juara beruntun.

Dominasi Mercedes AMG Petronas semakin nyata jika menengok daftar gelar juara dunia di kategori pembalap. Lima gelar juara dunia berhasil disabet Lewis Hamilton sedangkan satu lagi diraih oleh Nico Rosberg pada 2016.

Dengan pembekuan pengembangan mobil hingga F1 2022, dominasi Mercedes berpotensi berlanjut pada musim depan. Sebab, mobil W11 EQ sangat superior musim ini. Dari 13 seri yang sudah digelar, Mercedes mampu mencatatkan 11 kemenangan!

Tentu saja, ada potensi dominasi itu terputus pada musim depan. Dua personel kunci, yakni Toto Wolff dan Lewis Hamilton, masih belum menandatangani kontrak baru. Andai keduanya pergi, Mercedes bukan tidak mungkin akan limbung.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini