Khabib Nurmagomedov Diundang Presiden Rusia ke Kremlin

Hendry Kurniawan, Jurnalis · Rabu 28 Oktober 2020 10:24 WIB
https: img.okezone.com content 2020 10 28 43 2300692 khabib-nurmagomedov-diundang-presiden-rusia-ke-kremlin-it91LnpwZv.jpg Khabib Nurmagomedov (Foto: UFC)

MOSKOW – Khabib Nurmagomedov tengah menjadi perbincangan hangat lantaran memutusukan untuk pensiun dari dunia pertarungan Mixed Martial Arts (MMA). Pengumuman itu dibuat sesaat setelah Khabib berhasil mengalahkan petarung Amerika Serikat, Justin Gaethje, di UFC 254.

Berbagai ucapan dari sesama petarung dan tokoh-tokoh ternama dunia pun diutarakan kepada Khabib. Seolah tak ingin ketinggalan, Presiden Rusia, Vladimir Putin, disebut juga langsung menghubungi petarung berjuluk The Eagle tersebut.

Kabar ini disampaikan oleh jurnalis ESPN, Brett Okamoto, yang mendapat informasi dari co-manager Khabib, Rizvan Magomedov. Ia menyebut bahwa Presiden Putin menelefon Khabib dan sekaligus mengundangnya ke Kremlin.

Baca juga: Nasihat Terakhir dari Pelatih Usai Khabib Nurmagomedov Pensiun

Khabib Nurmagomedov dan Vladimir Putin

“Presiden Rusia Vladimir Putin berbicara dengan Khabib lewat telefon hari ini dan mengundangnya ke Kremlin di Moskow,” tulis Okamoto di akun Twitter pribadinya.

Khabib sendiri dilaporkan sudah kembali ke kampung halamannya di Dagestan pada Selasa 27 Oktober 2020. Begitu mendarat, Khabib langsung disambut Menteri Olahraga dan Budaya Republik Dagestan Magomed Magomedov di Bandara Internasional Makhachkala.

Khabib sejatinya merupakan salah satu atlet kebanggaan Rusia, utamanya di dunia pertarungan MMA. Bagaimana tidak, pasalnya selama berkarier di dunia MMA, Khabib telah melakoni 29 kali pertarungan dan kesemuanya ia akhiri dengan kemenangan.

Tidak hanya itu, Khabib juga telah bertahun-tahun mempertahankan sabuk juara dunia kelas ringan UFC. Keperkasaan Khabib di atas oktagon pun menjadi inspirasi bagi banyak orang untuk bisa sukses seperti dirinya.

Kendati demikian, perjalanan Khabib di dunia pertarungan MMA pada akhirnya harus selesai. Khabib pensiun di usianya yang ke-32 tahun. Adapun yang menjadi alasannya untuk pensiun adalah karena ia sudah berjanji dengan sang ibu.

Pada Juli 2020, ayah Khabib, Abdulmanap Nurmagomedov, meninggal dunia. Khabib pun merasa sangat terpukul karena ia memiliki hubungan yang sangat dekat dengan sang ayah. Maklum saja, pasalnya Abdulmanap adalah sosok yang melatih Khabib sejak kecil dan terus menemaninya hingga menjadi juara dunia.

Khabib Nurmagomedov dan sang ayah

“Hari ini adalah pertarungan terakhir saya. Tidak mungkin lagi saya bertarung tanpa ayah saya. Ketika UFC memberi tahu saya soal pertarungan dengan Gaethje, saya bicara dengan ibu, tiga hari setelah ayah berpulang,” ujar Khabib setelah berhasil mengalahkan Gaethje.

“Ibu tidak ingin saya bertarung tanpa ayah, tetapi saya berjanji pada ibu bahwa ini adalah yang terakhir. Ketika saya sudah berjanji, saya harus menepatinya,” tandas Khabib.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini