5 Penampilan Terakhir Valentino Rossi di MotoGP Catalunya, Akrab dengan Podium

Ezha Herdanu, Jurnalis · Rabu 23 September 2020 12:46 WIB
https: img.okezone.com content 2020 09 23 38 2282348 5-penampilan-terakhir-valentino-rossi-di-motogp-catalunya-akrab-dengan-podium-omnpBPnXgZ.jpg Valentino Rossi (Foto: motogp.com)

PARA pembalap memang tengah mempersiapkan diri untuk tampil di MotoGP musim 2020 seri Catalunya, tak terkecuali Valentino Rossi. Ya, pembalap senior yang kini membela Tim Monster Energy Yamaha itu bahkan mencoba untuk bisa meraih hasil positif dalam balapan di MotoGP Catalunya 2020.

Terlebih dalam balapan teranyar di MotoGP Emilia Romagna 2020, The Doctor –julukan Rossi– harus gagal finis. Sementara itu, Rossi sendiri memiliki rekam jejak yang menjanjikan setiap tampil di MotoGP Catalunya.

Berikut lima penampilan terakhir Rossi di MotoGP Catalunya:

5. MotoGP Catalunya 2015 (Podium Kedua)

Valentino Rossi

Dalam balapan di MotoGP Catalunya 2015, Rossi berhasil menunjukkan performa mengesankan. Start dari posisi ketujuh, pembalap berkebangsaan Italia tersebut berhasil menyelesaikan balapan dengan finis kedua.

Untuk bisa meraih prestasi tersebut, Rossi memang dihadapkan dengan jalan terjal. Terlebih di awal-awal balapan, Rossi sempat kesulitan untuk bisa bersaing dengan kelompok terdepan. Beruntung Rossi mampu bangkit di pertengahan balapan hingga akhirnya berhasil mengklaim podium kedua.

4. MotoGP Catalunya 2016 (Podium Pertama)

Valentino Rossi

Performa mengesankan Rossi di MotoGP Catalunya 2015 berhasil ia teruskan setahun berikutnya. Ya, Rossi yang memulai balapan di Sirkuit Barcelona dari posisi kelima, langsung merangsek ke baris terdepan sejak lap pertama.

Rossi sendiri memang tampil begitu dominan ketika menjalani balapan di MotoGP Catalunya 2016. Bahkan Rossi berhasil unggul dengan margin 2.652 detik dari pembalap andalan Tim Repsol Honda, yaitu Marc Marquez, yang finis kedua.

3. MotoGP Catalunya 2017 (Posisi Ke-8)

Valentino Rossi

Rossi gagal meneruskan catatan manisnya kala tampil di MotoGP Catalunya 2017 seperti yang ia lakukan dua tahun sebelumnya. Dalam balapan MotoGP Catalunya 2017, Rossi harus puas finis di posisi kedelapan.

Tanda-tanda Rossi kurang kompetitif di MotoGP Catalunya 2017 memang sudah terlihat sejak mentas pada sesi kualifikasi. Ya, pada sesi tersebut, Rossi hanya mampu menempati posisi ke-13. Sementara dalam balapan MotoGP Catalunya 2017, Rossi juga kesulitan tampil mengesankan.

2. MotoGP Catalunya 2018 (Podium Ketiga)

Valentino Rossi

Rossi berhasil bangkit dari keterpurukannya di MotoGP Catalunya 2017 ketika tampil pada edisi setahun berikutnya. Ya, Rossi kembali berhasil meneruskan tradisinya meraih podium ketika tampil di MotoGP Catalunya 2018.

Pada saat menjalani balapan di MotoGP Catalunya 2018, Rossi berhasil finis dengan meraih podium ketiga. Start dari posisi ketujuh, Rossi berhasil menunjukkan performa mengesankan hingga akhirnya finis ketiga di belakang Marc Marquez dan Jorge Lorenzo.

1. MotoGP Catalunya 2019 (Gagal Finis)

Valentino Rossi

Rossi harus meraih hasil mengecewakan ketika menjalani balapan di MotoGP Catalunya 2019. Ya, dalam balapan tersebut, Rossi harus rela pulang dari MotoGP Catalunya 2019 tanpa bisa membawa pulang poin.

Padahal, Rossi sebenarnya memiliki kans besar untuk setidaknya meraih podium dalam balapan di MotoGP Catalunya 2019. Terlebih dengan keberhasilan Rossi start dari posisi keempat. Namun ketika balapan baru berjalan dua lap, Rossi justru mengalami crash usai motornya ditabrak oleh Jorge Lorenzo.

1
3

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini