Espargaro Bahagia KTM Meningkat Pesat pada MotoGP 2020

Wikanto Arungbudoyo, Jurnalis · Minggu 02 Agustus 2020 22:19 WIB
https: img.okezone.com content 2020 08 02 38 2255816 espargaro-bahagia-ktm-meningkat-pesat-pada-motogp-2020-havPr1a7ja.jpg Pol Espargaro senang KTM ada di posisi empat (Foto: MotoGP)

MATTIGHOFEN – Pembalap KTM Red Bull, Pol Espargaro, bahagia melihat timnya berada di posisi keempat pada klasemen konstruktor MotoGP 2020. Menurutnya, pencapaian tersebut merupakan hasil kerja keras KTM sepanjang musim dingin.

Dua seri perdana MotoGP 2020 memang menghasilkan senyuman di wajah segenap personel KTM. Betapa tidak, mereka mampu selalu finis di posisi 10 besar lewat Pol Espargaro. Pembalap asal Spanyol itu finis di posisi enam pada seri perdana, 19 Juli 2020.

Sementara pada seri kedua di Sirkuit Jerez-Angel Nieto pekan lalu, Pol Espargaro mampu mengakhiri lomba di peringkat tujuh. Dua seri tersebut memberikan 31 poin buat pembalap yang musim depan akan memperkuat Repsol Honda itu.

Baca juga: Pedrosa: KTM Punya Persiapan Bagus Jelang Tampil di MotoGP Republik Ceko 2020

Pol Espargaro melaju di Sirkuit Jerez (Foto: MotoGP)

Sedangkan bagi KTM di kategori konstruktor, kini mereka sudah mengemas 31 poin hanya dari dua seri. Koleksi angka mereka sama dengan Honda yang sudah malang melintang di MotoGP. Bagi KTM, itu merupakan pencapaian tersendiri.

Pencapaian tersebut jelas membuat Pol Espargaro bahagia. Ia tidak menyangka akan berada di peringkat lima klasemen sementara pembalap hingga dua seri yang sudah dilalui. Itu menunjukkan KTM sudah berada di trek yang benar.

“Kami tidak pernah menyangka akan berada di posisi lima klasemen setelah dua seri pertama. Itu berkat kerja yang bagus dari KTM di musim dingin. Tentu saja, motor harus bekerja dengan baik,” papar Pol Espargaro, dikutip dari Speedweek, Minggu (2/8/2020).

Satu hal lain yang membuat pembalap berusia 29 tahun itu bangga, motor RC16 milik KTM relatif bersih dari masalah teknis. Padahal, pabrikan besar seperti Yamaha dan Ducati mengalaminya pada dua seri perdana di Jerez.

“Kita melihat Yamaha mengalami masalah mesin, begitu juga Ducati dan Aprilia. Akan tetapi, tidak ada masalah mesin di KTM. Ini membuktikan kita ada di olahraga yang membutuhkan kekompakan tim. Berkat kerja keras tim, kita berada di peringkat empat kejuaraan dunia kategori konstruktor,” imbuh pembalap bernomor motor 44 itu.

Pernyataan Pol Espargaro itu mengindikasikan sebuah kerja yang luar biasa dari KTM. Menilik pada klasemen akhir MotoGP 2019, pabrikan asal Austria itu hanya berada di peringkat lima klasemen akhir dengan total 111 poin. Dibandingkan dua seri awal pada MotoGP 2019, peningkatan jelas terjadi.

Sekadar informasi, poin konstruktor dihitung dari pembalap pengguna motor tertentu yang finis tertinggi pada balapan. Pada dua seri awal musim lalu, KTM baru mengoleksi 10 angka. Kali ini, mereka bahkan unggul dari Suzuki yang digadang-gadang menggoyang dominasi tiga besar Honda, Yamaha, dan Ducati.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini