Pilih Jadi Mualaf, tapi Mike Tyson Tak Pernah Gunakan Nama Islamnya

Rivan Nasri Rachman, Jurnalis · Sabtu 11 Juli 2020 14:13 WIB
https: img.okezone.com content 2020 07 11 43 2244812 pilih-jadi-mualaf-tapi-mike-tyson-tak-pernah-gunakan-nama-islamnya-fKhtt3FXCE.jpg Legenda Tinju Dunia, Mike Tyson. (Foto: Twitter Tyson)

LEGENDA tinju dunia, Mike Tyson sempat mengganti namanya menjadi Malik Abdul Aziz pada saat dirinya berada di penjara pada era 1992-1995. Ia mengganti namanya tersebut karena pada saat itu Tyson memutuskan untuk menjadi mualaf karena ingin mengenal lebih baik agama islam.

Kendati begitu, hanya segelintir orang saja yang tahu nama lain Tyson adalah Malik Abdul Aziz. Hal itu karena menurut laporan dari Republic World, Sabtu (11/7/2020), Si Leher Beton tersebut memutuskan untuk tetap menggunakan nama Mike Tyson sebagai nama panggungnya di dunia tinju.

Sementara itu, Malik Abdul Aziz hanya digunakannya ketika berada di luar dunia tinju. Karena itulah tak banyak orang yang tahu Malik Abdul Aziz adalah nama muslim yang dipilih Tyson saat memutuskan memeluk agama islam.

Baca Juga: Cerita Mike Tyson Jadi Mualaf saat Mendekam di Dalam Penjara

Mike Tyson

Padahal, kabar menjadi mualafnya Tyson kala itu sempat membuat heboh dunia. Sebab ketika Tyson akhirnya keluar dari penjara ia memperlihatkan penampilan muslimnya dengan menggunakan sebuah kopiah.

Entah apa yang menjadi pertimbangan Tyson tetap mempertahankan nama Mike Tyson-miliknya ketimbang tetap terus mempergunakan nama Malik Abdul Aziz. Tyson tampaknya tak tertarik dengan langkah yang dilakukan oleh legenda tinju dunia lainnya, yakni Muhammad Ali yang menggunakan nama muslimnya.

Seperti yang diketahui, Ali juga seperti Tyson, yakni memutuskan untuk menjadi mualaf. Ali yang bernama asli Cassius Marcellus Clay Jr itu sudah terlebih dahulu memeluk agama islam dan memutuskan untuk terus memakai nama muslimnya, Mumammad Ali.

Padahal nama Malik Abdul Aziz memiliki arti yang sangat baik, yakni Hamba Allah yang memiliki kemulian dan kekuatan. Namun, hal tersebut tak membuat Tyson tertarik menjadikan Malik Abdul Aziz sebagai nama panggungnya kala itu.

Awal mula Tyson bisa menjadi mualaf pun terjadi ketika dirinya mendekap di penjara pada tahun 1992-1995 lantaran kasus pemerkosaan terhadap Miss Black Amerika 1991, Desiree Washington. Selama di penjara, Tyson banyak membaca buka ilmu pengetahuan dan menghadiri siraman rohani tentang agama islam.

Mike Tyson

Lalu berada di dalam penjara juga membuat Tyson bertemu dengan Ustad Muhammad Shadiq, orang yang cukup berpengaruh besar dalam menjadi mualafnya legenda tinju tersebut. Melalui Shadiq, Tyson akhirnya mengenal islam dan mulai mempelajari agama tersebut, hingga akhirnya memutuskan untuk masuk islam.

Selepas dari penjara, Tyson pun langsung menuju Mekkah untuk melakukan ibadah umroh. Setelah melihat mekkah yang merupakab kiblat sholat umat muslim dunia, Tyson pun mengaku sangat terharu dan kagum.

1
2

Bagikan Artikel Ini

Cari Berita Lain Di Sini